Home / Daerah

Jumat, 14 Oktober 2022 - 10:16 WIB

SMK-PP Negeri Kutacane mou dengan FKA

REDAKSI - Penulis Berita

Banda Aceh, NEWSCEOACEH.COM -Saat ini produktifitas Kakao di Aceh Tenggara cukup meningkat. Ini merupakan peluang dalam peningkatan ekonomi melalui nilai tambah dan daya saing produk.

 

Untuk maksud tersebut kolaborasi yang bersinergi dengan berbagai pihak sangat dibutuhkan.Termasuk bekerjasama dengan Forum Kakao Aceh (FKA) untuk menggairahkan ekonomi petani Kakao di Aceh Tenggara,” ungkap Kepala SMK-PPN Kutacane, Muhammad, SP., MP usai penandatanganan MoU dengan FKA minggu lalu.

 

Menurutnya, Sekolah Menengah Ketrampilan Pembangunan Pertanian Negeri (SMK-PPN) Kutacane telah banyak melakukan berbagai terobosan dan inovasi. Selain itu pada beberapa kegiatan menggunakan dana mandiri seperti Kelas Industri Mandiri untuk kepentingan penyiapan SDM unggul. “Kita optimis dengan bekerjasama bisa meningkatkan ekonomi melalui subsektor perkebunan,” bebernya.

Baca Juga :  Disdik Aceh Gandeng Penegak Hukum Sosialisasi Cegah Penyalahgunaan Dana BOS

 

Untuk itu, lanjut Muhammad melalui MoU ini pihaknya mengharapkan mendapat dukungan penuh dalam hal teknologi pengolahan biji Kakao.

 

Muhammad yang juga alumni KSDL-USK ini menuturkan, SMK-PP Negeri Kutacane telah banyak berkiprah dan meraih beberapa prestasi dan penghargaan antara lain Abdi Bhaktitani percontohan dan Abdi Bhakti Tani Berprestasi Utama dari Kementan tahun 2019 dan 2021 juga lomba Sinovic dengan perolehan Sangat Inovatif bersama pemerintah Aceh dan Bappeda Aceh tahun 2021.

 

Pihaknya juga telah mengolah limbah kakao menjadi pupuk organik bekerjasama dengan Asosiasi Organik Indonesia(AOI) di Bogor.

 

Muhammad mengutarakan kedepan akan mengundang tim FKA untuk memberi motivasi dalam peningkatan mutu SDM.

Baca Juga :  Ayu Marzuki: Stunting di Aceh Turun Dua Persen

 

Ketua FKA Ir T. Iskandar MSi merasa senang dan bangga serta mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kerjasama ini. “Sebenarnya pelaksanaan MoU sudah lama direncanakan tapi baru sekarang terwujud,” terang T. Iskandar.

 

Pihaknya mengapresiasikan SMK-PPN Kutacane yang telah melaksanakan terobosan pada tanaman Kakao. “Ini luar biasa apalagi telah berprestasi dalam berbagai even tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional,” tambahnya.

 

Selain itu, T Iskandar menyebutkan akan selalu komitmen dan siap untuk bersama-sama dalam mewujudkan butir MoU yang telah ditandatangani.

“Kita siap mendukung agar SMK-PPN Kutacane kedepan lebih maju dalam sektor perkebunan,” harapnya.

Share :

Baca Juga

Daerah

Kapolres Simeulue dan Anggota Sholat Jum’at Berjamaah Bersama Rakyat

Daerah

Pj Bupati Aceh Tenggara Disambut Defisit 71 Milyar

Daerah

OJK Didesak Evaluasi Kinerja Dekom BAS

Daerah

PJ Gubernur Aceh Sambut Kedatangan Menteri Polhukam

Daerah

Danrindam IM Tinjau Latihan Olah Yudha Prajurit Siswa Prodi Dikmaba TNI AD

Daerah

Bang BMW peduli Stunting

Daerah

DPRA Harapkan Bank di Aceh Perbaiki Pelayanan

Daerah

Perkuat Seni dan Budaya, Seniman Aceh-dan Jabar Berkolaborasi di Bandung