Home / Daerah / Eksekutif / Internasional / Legislatif / Nasional

Rabu, 12 Oktober 2022 - 07:23 WIB

Disbudpar Aceh Melalui UPTD Taman seni dan budaya Aceh akan menggelar pagelaran Seni dan Budaya

REDAKSI - Penulis Berita

BANDA ACEH – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Melalui UPTD Taman seni dan budaya Aceh akan menggelar pagelaran Seni dan Budaya. Acara tersebut digelar pada 12 Oktober 2022 di Taman Budaya, Banda Aceh dari Pukul 20.00 s/d 23.00 WIB.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Almuniza menyebutkan “Pemerintah Aceh melalui dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh senantiasa berusaha mewujudkan keselarasan antara kebudayaan dengan masyarakat yang akan membias dalam wujud-wujud inovasi kesenian.

Peradaban berkembang menyebabkan ekosistem budaya berubah, jadi seni sebagai artefaknya wajib mengikuti, sehingga kesenian Aceh tetap berada dalam habitat budaya masing2, untuk itu, pemerintah perlu melaksanakan wadah apresiasi terhadap capaian-capaian kreatifitas baru sebagai bahan baku menuju peradaban yang dinamis”

Baca Juga :  Bareskrim Sudah Periksa 22 Saksi Terkait Kasus Dugaan Korupsi Jet Pribadi Hendra Kurniawan

Almuniza juga menambahkan bahwa kesenian Aceh senantiasa berangkat dari kearifan lokal dan spirit keislaman, sehingga tidak diragukan lagi arah perkembangan budaya yang didampingi oleh seniman-seniman Aceh akan selaras dengan adat istiadat sebagai referensi karya seni yg bernuansa Islami.

Namun pemerintah wajib berperan aktif dalam mengkuratori dan memilah berdasarkan prinsip urgensitas.” Ujarnya

Kepala UPTD Taman seni dan budaya aceh Azhadi Akbar. S.Sn mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan guna untuk melestarikan kebudayaan Aceh dan seni di aceh, pertujukan seni ini merupakan kegiatan rutin di laksanakan oleh taman seni dan budaya aceh

“Ini merupakan satu dari sekian banyak program UPTD Taman seni dan budaya Aceh dalam rangka menjaga, mempromosikan dan melestarikan kesenian,” ucapnya,

Baca Juga :  Dari Qatar, Mentan SYL Jamin Kemudahan Investasi di Bidang Pertanian dan Peternakan

Adapun 5 Pagelaran dan Budaya yang akan di tampilkan adalah tari ratoh talo dari sanggar cipta karya dari gampong gapui kecamatan lhong.Tari melayu dari Sanggar tuha 8. Penampilan Ratoh tring dari Sanggar geuta nanggro.Penampilan grup band aceh dari Glora management art.Penampilan Debus dari sanggar mandaya.penampilan sten up komedi oleh Indra sastra dari kabuten Bireun.dan penampilan teater dari sanggar SOS dari kota banda aceh.

“Acara tersebut juga nantinya akan disiar secara langsung melalui live streaming taman budaya aceh,Serambi on tv dan facebook serambi.

Adapun tujuan Pagelaran seni dan budaya ini digelar, lanjut azhadi agar generasi muda dapat mencintai dan melestarikan budaya seni dan budaya lokal di aceh. []

Share :

Baca Juga

Daerah

SMK PP Kutacane galang dana untuk korban banjir

Daerah

TNI-Polri disetiap Kecamatan Jajaran Polres Aceh Barat Kompak Lakukan Patroli Cipkon

Nasional

Calon Panglima TNI Yudo Margono Dipastikan Jalani Fit and Proper Test Hari Ini di DPR

Daerah

Kapolda Aceh Salurkan Puluhan Paket Bansos untuk Korban Banjir di Aceh Timur

Daerah

Lembaga Panglima Desak Menpan RB agar menerima Formasi Teknis PPPK bagi tenaga kontrak PAMHUT ACEH

Daerah

Sidak Pelayanan Di Mapolres Aceh Barat, Kapolres Pastikan pelayanan Humanis Dan Tidak Ada Pungli

Nasional

Kementan Raih Penghargaan Komunikasi Publik Tempo Ministery Award 2022

Daerah

Kasus Ancam Bunuh Wartawan di Aceh Tengah, PWA Desak Polisi Tangkap Pelaku