Home / Daerah

Minggu, 26 Maret 2023 - 13:52 WIB

SPBE Summit 2023-Percepatan Digitalisasi Pemerintahan.

REDAKSI - Penulis Berita

JAKARTA, NEWSCEOACEH.COM – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bersama Tim Koordinasi Nasional SPBE akan menggelar Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2023 pada Senin, 20 Maret 2023 di Jakarta. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mewujudkan kedaulatan digital di Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri seluruh pimpinan pusat dan kepala daerah agar memahami arah kebijakan SPBE sekaligus mendapat insight dari instansi pemerintah yang berhasil melaksanakan SPBE, karena akselerasi digital tidak akan sukses tanpa adanya kolaborasi secara komprehensif antar-instansi.

Pada kesempatan tersebut disampaikan arahan strategis dalam upaya percepatan SPBE dan prioritas program Presiden dari Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut B. Pandjaitan, perwakilan Kemenko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam); Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK); dan Menko Bidang Perekonomian.

Baca Juga :  Pj Bupati Agara Apresiasi Kinerja Kepolisian Gerak Cepat Tangkap Dua Pelaku Pembunuhan

Puncak acara SPBE Summit 2023 yaitu pemberian anugerah Digital Government Award kepada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah (IPPD) dengan 6 (enam) kategori penerapan SPBE terbaik. Adapun kategori tersebut yakni Kategori Penerapan Layanan SPBE IPPD; Kategori Pencapaian Indeks SPBE IPPD; Kategori Peningkatan Indeks SPBE IPPD; Kategori Pelaksanaan Tata Kelola SPBE IPPD; Kategori Penguatan Kebijakan SPBE IPPD; dan Kategori Penerapan Manajemen SPBE IPPD.

Suatu kebanggaan dalam pemberian anugerah tersebut, Kementerian Pertanian memperoleh Digital Government Award dengan kategori Penerapan Manajemen SPBE Instansi Pusat yang diserahkan Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas selaku Ketua Tim Koordinator SPBE Nasional. Mewakili Menteri Pertanian, penghargaan diterima oleh Plt. Staf Ahli Menteri Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional, Inti Pertiwi Naswari.

Baca Juga :  Apel Gabungan, Dandim 0105/Abar Letkol Inf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A P., Menganalogikan TNI - Polri Adalah Cangkangnya Negara

Pemberian anugerah tersebut menjadi bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap instansi pemerintah dengan nilai pemantauan dan evaluasi SPBE terbaik pada tahun 2021 dan 2022. Penganugerahan ini diharapkan juga dapat memberi wawasan contoh benchmark penerapan SPBE yang baik.

SPBE Summit 2023 juga menjadi kesempatan mewujudkan SPBE yang terpadu dan berkesinambungan sesuai dengan Peraturan Presiden No. 95/2018 tentang SPBE dan Peraturan Presiden No. 132/2022 tentang Arsitektur SPBE.

Dengan adanya SPBE Summit 2023, pembangunan layanan digital berbasis masyarakat (citizen centric) diharapkan segera terwujud. Disamping itu, pemerintah juga mempertegas moratorium pembangunan aplikasi dan mengutamakan peningkatan efektivitas pemanfaatan aplikasi yang telah beroperasi. Antar-instansi pemerintah memperkuat konsolidasi aplikasi menjadi Platform Digital Terpadu, baik di internal maupun antar instansi pusat dan daerah.

Share :

Baca Juga

Daerah

Disdik Aceh Gandeng Penegak Hukum Sosialisasi Cegah Penyalahgunaan Dana BOS

Daerah

Pemkab Aceh Besar Antar Bantuan Masa Panik ke Lhoong

Daerah

PJ Gubernur Aceh Sambut Kedatangan Menteri Polhukam

Daerah

Kepala Sekolah SMK-PP Negeri Kutacane Raih Juara 2 Kepsek Berprestasi Aceh

Daerah

SDM Penyusun Rencana Kerja Perhubungan Dapat Lahirkan Ide Inovatif

Daerah

Sekda Aceh Barat Buka Pelatihan Kader Pembauran Kebangsaan

Daerah

Jumat Berkah Berbagi KGBN Bantu Elektabilitas Ganjar Pranowo Di posisi puncak

Daerah

PJ Bupati aceh tenggara progres fisik pekerjaan penanganan jembatan Mbarung