Home / Daerah

Kamis, 13 Oktober 2022 - 14:26 WIB

Pj Bupati Aceh Tenggara Disambut Defisit 71 Milyar

REDAKSI - Penulis Berita

Aceh Tenggara, Newsceoaceh.com – Hari ini penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Aceh Tenggara Drs Syakir, M.Si Resmi dilantik, berlangsung di Anjong Mon Bata, Banda Aceh, Selasa (11/10).

Hadirnya penjabat bupati di bumi sepakat segenap disambut baik, dewan pimpinan daerah (DPD) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Aceh Tenggara Muhammad Saleh Selian, dengan harapan bisa membenahi daerah ini ke arah lebih baik lagi.

“Perlu dicatat keuangan pemerintah daerah (pemda) Aceh Tenggara saat ini mengalami defisit bahkan mencapai Rp 71 Milyar. Ini Perlu menjadi catatan penting untuk Pj Bupati, bagaimana mengatasinya” Kata M. Saleh Selian.

M Saleh Selian berujar, defisit terjadi melebihi ketentuan atau regulasi dikarnakan ada persegeran atau program yang tidak pernah direncakan sebelumnya namun tiba- tiba program tersebut menjadi prioritas yang dilaksanakan ditengah tahun anggaran ataupun pembiayaan lainnya.

Baca Juga :  Polres Aceh Barat Gelar Simulasi Pengamanan Aksi Unjuk Rasa

” Disini kita sering menemukan, banyaknya kegiatan fisik dan non fisik tidak sesuai dengan besaran postur APBK Aceh Tengggara. Dan ini saban tahun terjadi,” katanya lagi.

Padahal kita ketahui bersama defisit tidak bisa melampau batas ditentukan yaitu 3 persen. Namun selama pandemi ada kelonggaran defisit hanya dibolehkan tidak melebihi dari 6 persen.

“LIRA menduga ada kegiatan – kegiatan yang muncul ditengah tahun anggaran mengarah ke fiktif. Bahkan kegiatan seperti itu hanya modus oknum pejabat dalam menggerogoti anggaran daerah. Yang imbasnya kepada defisit anggaran yang semakin banyak,” jelasnya lagi.

Baca Juga :  Pj Bupati Aceh Besar Turunkan Tim, Tangani Gangguan Anjing Ajag

Terakhir LIRA berharap kepada Pj Bupati Aceh Tenggara Drs. Syakir untuk selalu berhati – hati dalam mengambil kebijakan di kabupaten ini. Begitu juga nantinya dalam sidang anggaran APBK murni tahun 2023 lebih teliti.

Hal ini dikarnakan banyaknya dugaan pembiayaan kegiatan muncul ditengah tahun anggaran 2022 namun akan dibayarkan pada tahun anggaran 2023.

“Dan pesan kami kepada pak Syakir hindari kebijkan yang hanya menguntungkan kelompok- kelompok tertentu. Namun semata semua hanya demi kemaslahatan rakyat di Bumi Sepakat segenap,” pungkasnya. []

Share :

Baca Juga

Daerah

Tim KIA Lakukan Visitasi di Dinas PPPA Aceh

Bisnis

Sektor Transportasi Ikut Andil dalam Kendalikan Inflasi

Daerah

Perkuat Seni dan Budaya, Seniman Aceh-dan Jabar Berkolaborasi di Bandung

Daerah

Pj Bupati Agara Kunjungi Panti Asuhan di Biakmuli

Daerah

Festival Dikee 2022 Sukses, Kadisbudpar Aceh Ajak Milenial Menggelorakan Budaya Zikir

Daerah

Disdik Aceh Gandeng Penegak Hukum Sosialisasi Cegah Penyalahgunaan Dana BOS

Daerah

Masyarakat Aceh di Jakarta Mengadakan Festival Kuah Belangeung.

Daerah

Kepsek SMK PP Kutacane Ikut Pemilihan Kepsek Berprestasi Tingkat Provinsi