Home / Uncategorized

Senin, 22 Januari 2024 - 12:17 WIB

USK Bekali Mahasiswanya untuk Program Pertukaran Mahasiswa IISMA

REDAKSI - Penulis Berita

BANDA ACEH, NEWSCEOACEH.COM -Universitas Syiah Kuala memberikan pembekalan kepada mahasiswanya untuk siap mengikuti proses seleksi program pertukaran mahasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), melalui kegiatan Training Camp IISMA USK Tahun 2024 mulai tanggal 20 – 21 Januari 2024 di The Padee Hotel. (Aceh Besar, 21 Januari 2024).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 mahasiswa terpilih dari setiap fakultas. Adapun pemateri kegiatan ini adalah Ketua Program IISMA Kemdikbudristek RI Dr. Eng. Ir. R. Rachmat A. Sriwijaya, S.T., M.T., D.Eng., IPM., ASEAN Eng dan Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Inggris Prof. Dr. Khairul Munadi, S.T., M.T.

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan dalam sambutannya mengatakan, dirinya menyambut baik kegiatan ini sebab syarat untuk lolos program IISMA ini tidaklah mudah. Meskipun demikian, Rektor menyakini mahasiswa USK tetap berpeluang untuk lulus semua tahapan seleksinya.

Baca Juga :  Mendikbudristek mengajak semua guru agar terus berinovasi

Oleh sebab itu, Rektor menilai kegiatan Training Camp ini adalah bentuk dukungan USK agar jumlah mahasiswa USK yang lulus program IISMA pada tahun ini meningkat.

Selain itu, Rektor juga mengingatkan, bahwa  persiapan untuk mengikuti seleksi IISMA ini bukan hanya kemampuan Bahasa Inggris saja. Tapi kompetensi lainnya juga harus menjadi perhatian setiap mahasiswa USK yang bertekad untuk lulus program IISMA ini.

“Karena nantinya, kalian akan menjadi Duta Indonesia di dunia internasional. Jadi harus punya nilai lebih lain baik itu prestasi maupun kompetensi lainnya. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, semakin banyak mahasiswa USK yang berkiprah di dunia internasional,” ucap Rektor.

Baca Juga :  Pj Bupati Agara Pastikan Pelaksanaan Tender Harus Sesuai Aturan

Pada kesempatan tersebut, Rachmat mengatakan IISMA merupakan program beasiswa hasil kerja sama Kemendikbud dan Lembaga Pengelola Pendidikan (LPDP). Tujuannya, untuk mendukung mahasiswa Indonesia dalam program mobilitas satu semester di kampus termuka dunia dan industri-industri terpercaya di luar negeri.

Program IISMA ini menawarkan dua skema yaitu sarjana dan vokasi, yang bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa USK terhadap keragaman akademik dan budaya internasional. Di mana setiap mahasiswa berkesempatan menjalani program ini selama satu semester, untuk melakukan kegiatan belajar, mengenal budaya asing dan kegiatan lain yang dapat mengasah keterampilan mereka.

“Jadi IISMA ini adalah upaya pemerintah untuk menyiapkan generasi Indonesia yang memiliki kompetensi global. Jadi manfaatkan kesempatan ini sebaikmungkin untuk meningkatkan kompetensi atau daya saing kita,” ucapnya.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Tim Auditor LPPOM MPU Aceh Audit Produk Halal UP SMK-PP Negeri Kutacane

Uncategorized

Senator Abdullah Puteh Hadiri Haul Sultan Iskandar Muda ke 386 Tahun

Uncategorized

Cair, Gaji ke-13 dan Tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai ASN Aceh Besar

Uncategorized

Dishub Aceh Mengajak Kolaborasi Bank Sampah USK, Pengelolaan Sampah di Fasilitas Publik

Uncategorized

Kapoldasu dan Pangdam BB Turun Tangan 2 pelaku diRingkus,IJW Apresiasi

Uncategorized

Imbauan: Pemberlakuan Pajak Wisata Bali 2024, Berikut yang perlu diketahui penumpang Indonesia AirAsia

Uncategorized

Ketum PWMOI Jusuf Rizal Dukung Sikap Wakapolri Agus: Produk Jurnalistik Tak Boleh Dipidana

Uncategorized

Disdik Aceh Salurkan TPG dan Gaji 13