Home / Uncategorized

Jumat, 4 Agustus 2023 - 21:06 WIB

Penyaluran Dana Desa Tahun 2023 Tuntas

REDAKSI - Penulis Berita

Banda Aceh, NEWSCEOACEH.COM – PT Perta Arun Gas (PAG) dinilai telah menunjukkan peran penting sebagai perusahaan yang banyak menyerap tenaga kerja lokal Aceh khususnya Kota Lhokseumawe.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lhokseumawe, T. Adnan serta Ketua DPRK Lhokseumawe, Ismail A. Manaf, Kamis (3/8/2023).

Menurut Ismail, peran aktif PAG dalam merekrut para pekerjanya yang berasal dari warga sekitar ini telah sesuai dengan peraturan Qanun Pemerintah Kota Lhokseumawe Tahun 2020 yang mensyaratkan porsi tenaga kerja lokal di perusahaan yang beroperasi di Lhokseumawe adalah 40%.

“Sementara porsi tenaga kerja lokal PAG sudah lebih dari 90%,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Adnan. Menurutnya sebagai perusahaan yang berstatus bagian dari Badan Usaha Milik negara (BUMN), PAG dinilai menunjukkan itikad baik untuk merekrut para pekerja lokal dengan porsi lebih banyak.

“Sehingga hal ini membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran di Kota Lhokseumawe,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Iskandarsyah menyampaikan bahwa dalam menjalankan bisnis operasionalnya, PAG selalu berkomitmen untuk mematuhi peraturan yang berlaku, baik itu nasional ataupun peraturan Daerah, termasuk pada aspek ketenagakerjaan yang sudah diatur dalam Qanun.

Baca Juga :  Pj Bupati Aceh Besar Pantau Input Data Hasil Pemilu

“Sesuai dengan data yang kami punya, saat ini sebanyak 90% pekerja dan mitra kerja PAG merupakan tenaga kerja lokal,” ujarnya.

Masih disampaikan Iskandarsyah, PAG juga konsisten dalam memberikan kontribusi untuk desa binaannya melalui Program CSR yang berkelanjutan.

Program-program tersebut pun telah dilaporkan kepada Pemerintah Kota secara berkala. Di tahun 2022 sampai dengan saat ini, PAG selalu melibatkan para pemuda lingkungan di desa binaan perusahaan melalui beberapa program yang berkesinambungan seperti pelatihan pengelasan dan pelatihan montir bagi 28 pemuda yang ada di 13 desa lingkungan PAG.

“Kami pun melibatkan institusi pendidikan lokal untuk membantu program pelatihan tersebut yakni Politeknik negeri Lhokseumawe (PNL),” jelasnya.

Tidak hanya itu, masih menurut Iskandarsyah, pihaknya juga melakukan program pelatihan budidaya ternak ayam KUB bagi 26 Pemuda di 13 Desa Lingkungan PAG yang digelar di BPTP-Sumatera Utara serta Program pelatihan budidaya Tirom bagi pelaku usaha budidaya tirom di desa binaan desa Ujong Blang yang bekerjasama dengan fakultas pertanian dan perikanan Universitas Malikussaleh.

Baca Juga :  SMK PP Kutacane Kembangkan PWMP

Iskandarsyah menegaskan PAG berkomitmen untuk memberikan upaya terbaiknya dalam berkontribusi pada desa binaan di lingkungan perusahaan.

“Tentunya kami berupaya penuh untuk menjalin komunikasi yang baik dengan para Pemuda Desa Binaan. Kami lakukan best effort terkait dengan hal tersebut sesuai dengan aturan-aturan yang diberlakukan di Pertamina group,” ujarnya.

Dengan adanya audiensi yang difasilitasi oleh pemerintah Kota dan DPRK Lhokseumawe ini, menurut Iskandarsyah, pihaknya bisa memberikan pemahaman kepada desa binaan terkait dengan isu-isu yang beredar terkait ketenagakerjaan dan program CSR PAG.

“Ke depannya, sesuai dengan komitmen perusahaan, Kami akan terus memberikan best effort dan ikut berperan aktif dalam membantu pembangunan di Kota Lhokseumawe,” harapnya. (MC 05)

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Mentan Dampingi Presiden Meninjau Panen Raya Padi

Uncategorized

Pemuda Aceh Siap Menangkan Ganjar Sebagai Presiden

Uncategorized

SMK PP Kutacane Kembangkan PWMP

Uncategorized

Produksi Padi di Aceh Turun 24,45 Persen

Uncategorized

Publisher Right Kado HPN dari Jokowi

Uncategorized

LIRA Dorong Syakir Keluarkan Perbup TA 2024 , Pokir Dewan Dihapus

Uncategorized

Pj Bupati Aceh Tenggara di Dampingi Sekda Tinjau Penilai Calon PPPK

Uncategorized

Kereta Api Terhenti Diwilayah Daerah Operasi 4 Semarang