Home / Nasional

Selasa, 22 Agustus 2023 - 18:43 WIB

Menkominfo Ajak Masyarakat Makin Produktif dengan Kemajuan Digital

REDAKSI - Penulis Berita

Jakarta Pusat, NEWSCEOACEH.COM – Pemerintah mengajak masyarakat untuk makin produktif dengan kemajuan digital. Sejalan dengan pembangunan infrastruktur digital, Pemerintah mengajak semua pihak untuk menjaga ruang digital dari kejahatan keuangan berbasis digital.

“Kepada seluruh Masyarakat, Kementerian komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengharapkan agar kemajuan digital itu harus membuat kita makin produktif bukan menjadi kita makin kontraproduktif, apalagi mundur,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9: Melawan Kejahatan Keuangan Berbasis Digital di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (21/08/2023).

Menkominfo mengatakan pengertian produktif dalam hal itu adalah bahwa ruang digital harus bisa mengakselerasi cara berpikir dan bertindak seseorang. Dengan demikian, maka kemajuan digital akan bisa memberi sumbangsih bagi kemajuan masyarakat.

Baca Juga :  Tim Manajemen Universitas Malikussaleh Raih Kemenangan Gemilang di Final PIKM Competition Football ke-VI

“Dan akhirnya (Kemajuan digital) membawa kemajuan bagi bangsa kita terutama untuk menyongsong (visi) Indonesia Maju 2045,” tuturnya.

Menurut Menteri Budi Arie, kemajuan ekosistem digital yang sudah ada ini harus dijaga bersama oleh seluruh masyarakat dari kejahatan keuangan berbasis digital yang makin marak belakangan ini.

“Kejahatan keuangan berbasis digital yang menargetkan konsumen dan masyarakat itu bisa merusak ekosistem digital yang sudah dibangun dengan susah payah oleh semua pihak. Jadi itu peran aktif masyarakat untuk sama-sama menjaga kemajuan ekosistem digital itu untuk melindungi konsumen dan masyarakat,” tandasnya.

Baca Juga :  Kwarnas Pramuka Diminta Serius Tangani Kasus Kekerasan Seksual di Kegiatan Raimuna Nasional

Lebih lanjut Menkominfo menyatakan masyarakat harus selalu berhati-hati terhadap jenis kejahatan itu karena modus terus berkembang dan bervariasi. Oleh karena itu, masyarakat juga diimbau untuk saling mengingatkan, khususnya bagi kelompok rentan, termasuk guru, ibu rumah tangga, dan anak muda agar tidak gampang terpengaruh oleh modus kejahatan ini yang menawarkan cara mendapat uang dengan mudah.

“Jadi ke depan untuk memberantasnya harus dikepung bersama masyarakat, saling mengingatkan ke tetangganya, ke rumahnya ke ibunya, kelompok rentannya (seperti) guru, ibu-ibu rumah tangga, anak muda supaya jangan terlalu gampang terpukau (modus kejahatan keuangan berbasis digital),” tegas Menkominfo.

Share :

Baca Juga

Daerah

Bupati Aceh Jaya Motor Pembaharuan Kemajuan Gampong di Aceh, Bisa Jadi Model Untuk Nasional

Nasional

Media Online Lokal Kedapatan Menulis Berita Tendensius Tanpa Konfirmasi Mengenai Dana Bos

Nasional

KGBN Gelar Jum’at Berkah Berbagi di Jember

Nasional

SMK PP Negeri Kutacane kembali terpilih sebagai calon penerima Abdi Bakti Tani tahun 2023.

Daerah

Gatur Lalin Polres Aceh Tenggara, Bantu Seberangi Anak Sekolah

Daerah

Disbudpar Aceh Melalui UPTD Taman seni dan budaya Aceh akan menggelar pagelaran Seni dan Budaya

Bisnis

Pasar Sagu Semakin Mendunia, Kementan Ajak Millenial Kembangkan & Konsumsi Ragam Olahan Sagu

Nasional

Rainas XII Tahun 2023: Kunjungan Bersemangat Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega ke Kampus UI