Home / Daerah / Pendidikan

Senin, 16 Oktober 2023 - 22:10 WIB

Kuatkan Karakter Mahasiswa Baru Ilmu Komunikasi Unimal: HIMAKO UNIMAL Gelar PEUSAKA JILID VII

REDAKSI - Penulis Berita

Lhokseumawe, NEWSCEOACEH.COM – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKO) Universitas Malikussaleh (Unimal) telah sukses menyelenggarakan kegiatan Peusapat Mahasiswa Ilmu Komunikasi (PEUSAKA) Jilid VII untuk mahasiswa angkatan 2023. Acara berlangsung di Villa Rindu Alam, Pegasing, Takengon, pada tanggal 14-15 Oktober 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa baru dengan karakter yang kuat, yang akan membantu mereka menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan dan persiapan memasuki dunia kerja. Acara tersebut dihadiri oleh dosen dan demisioner dari Ilmu Komunikasi Unimal, yang memberikan materi seputar pencegahan dan penanganan kekerasan seksual (PPKS), solidaritas dalam berorganisasi, dan kepemimpinan.

Kamaruddin Hasan, seorang dosen Ilmu Komunikasi, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya menghadapi lingkungan digital yang sangat kuat di era saat ini. Lingkungan digital dapat menjadi peluang dan tantangan dalam pembentukan karakter mahasiswa. Dikatakannya, “Ketergantungan pada teknologi, seperti smartphone dan gadget, dapat membuat mahasiswa menjadi kurang sosial dan kurang aktif secara fisik. Namun, di sisi lain, teknologi juga memiliki banyak kelebihan.”

Baca Juga :  Ketua Pokja Ibu PAUD Aceh Tenggara Sukses Meraih Juara II Se-Provinsi Aceh

Kamaruddin berharap agar mahasiswa Ilmu Komunikasi dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam melihat peluang-peluang baru yang datang seiring perkembangan teknologi. Selain itu, mahasiswa juga harus memiliki kesiapan mental dan kemampuan berpikir yang tangguh untuk menghadapi perubahan.

Selanjutnya, Kamaruddin menggarisbawahi pentingnya etika dan moral dalam memperkuat karakter mahasiswa. Dia menjelaskan, “Dalam era digital yang begitu cepat dan penuh dengan akses informasi, penting untuk dapat membedakan antara benar dan salah, serta menjaga integritas moral dalam segala tindakan. Solusi yang tepat adalah menciptakan keseimbangan antara kemampuan intelektual, pengalaman positif dalam proses perkuliahan, lingkungan, dan aspek spiritualitas.”

Baca Juga :  Sidak Pelayanan Di Mapolres Aceh Barat, Kapolres Pastikan pelayanan Humanis Dan Tidak Ada Pungli

Dengan adanya PEUSAKA Jilid VII ini, HIMAKO UNIMAL berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan karakter dan kualitas mahasiswa Ilmu Komunikasi Unimal agar dapat menjadi individu yang tangguh dan berintegritas dalam menghadapi perubahan dan tuntutan di era digital ini.

Share :

Baca Juga

Daerah

Kapolda Aceh Salurkan Puluhan Paket Bansos untuk Korban Banjir di Aceh Timur

Daerah

Gatur Lalin Polres Aceh Tenggara, Bantu Seberangi Anak Sekolah

Pendidikan

Zhahira Putri Shaliha Wakili Aceh Barat pada Ajang Festival Anak Shaleh Indonesia Tingkat Aceh.

Daerah

388 Jemaah Umrah Aceh Berangkat Ke Tanah Suci via Bandara SIM

Daerah

Kapolres Agara Imbau Warga, Ajang Piala Dunia tidak Dijadikan Sebagai Taruhan Judi

Organisasi

Kwarda Banten selenggarakan Diklat Manajemen Kebencanaan 2022

Daerah

Pantau Kehadiran dan Kedisiplinan, Pj Bupati Aceh Barat Sidak Setdakab

Daerah

Ini Cara Daftar untuk Ikuti Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Negara