Home / Daerah

Kamis, 26 Oktober 2023 - 08:53 WIB

Cipta Tenaga Kerja Terampil, Pj Bupati Buka Pelatihan Menjahit dan Digital Marketing

REDAKSI - Penulis Berita

Lhoksukon, NEWSCEOACEH.COM – Penjabat Bupati Aceh Utara, Mahyuzar membuka pelatihan menjahit dan digital marketing berbasis kompetensi dan produktivitas, Kementerian Tenaga Kerja RI Tahun 2023.

Sebanyak 32 peserta ikut pelatihan di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Aceh Utara, Selasa (24/10/2023).

Pj Bupati Mahyuzar mengatakan apresiasi kepada para pihak atas terlaksananya kegiatan pelatihan, apalagi dalam tahun 2023 ini UPTD BLKI Aceh Utara telah selesai melaksanakan 15 paket kegiatan pelatihan berbasis kompetensi yang didanai dengan APBN Kementerian Tenaga Kerja dan yang dibuka pada hari ini adalah paket tambahan sebanyak dua paket pelatihan lagi.

Baca Juga :  FireFly Luncurkan Kembali Penerbangan Langsung Banda Aceh - Penang

Menurut Mahyuzar, pelatihan ini sangat penting dan strategis untuk menyiapkan tenaga kerja yang kompeten, produktif dan berdaya saing.

Khususnya untuk dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan ekonomi dan kebutuhan pasar kerja lokal dan berbasis potensi unggulan daerah.

Lebih jauh Mahyuzar mengharapkan hendaknya BLKI ke depan dapat menjadi pusat pelatihan ketrampilan dan pengembangan wirausaha.

Untuk itu, perlu terus dilakukan revitalisasi BLKI menuju BLKI transformatif, yaitu BLKI yang mampu melakukan penyesuaian diri secara cepat terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja yang dinamis.

Sementara, Kepala Dinas Penanaman Modal Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Aceh Utara, Hj Nyak Tiari SE MM menyampaikan, kegiatan ini untuk dua kejuruan yaitu bidang keahlian garmen apparel atau menjahit pakaian dengan mesin dan keahlian digital marketing.

Baca Juga :  Lembaga Panglima Desak Menpan RB agar menerima Formasi Teknis PPPK bagi tenaga kontrak PAMHUT ACEH

Kegiatan didanai dengan anggaran APBN dana tambahan dengan tujuan untuk mengurangi angka pengangguran dan menekan angka kemiskinan.

Pelatihan berlangsung 33 hari di gedung BLKI bekas kantor Bupati Aceh Utara, jalan T Hamzah Bendahara, Lhokseumawe dengan jadwal masuk pulul 08.00 WIB-15.00 WIB.

Kepala BLKI Aceh Utara, Nurul mengatakan pelatihan diharapkan dapat tercipta tenaga kerja yang terampil dan kompeten, sehingga mampu menciptakan lapangan kerja mandiri.

Share :

Baca Juga

Daerah

Ketua Pokja Ibu PAUD Aceh Tenggara Sukses Meraih Juara II Se-Provinsi Aceh

Daerah

SMK PP Kutacane galang dana untuk korban banjir

Daerah

Kasus Ancam Bunuh Wartawan di Aceh Tengah, PWA Desak Polisi Tangkap Pelaku

Daerah

Festival Dikee 2022 Sukses, Kadisbudpar Aceh Ajak Milenial Menggelorakan Budaya Zikir

Daerah

Minta Pj. Gubernur Aceh Achmad Marzuki Diganti, Puluhan Massa Geruduk Kemendagri RI

Daerah

Aceh Satu-Satunya Provinsi Yang Memiliki BLUD SMK Terbanyak dan Tercepat Se Indonesia.

Daerah

Pj Bupati Aceh Tenggara Disambut Defisit 71 Milyar

Daerah

FAKSI Desak PJ Bupati Aceh Timur Paparkan Evaluasi 100 Hari Kerja