Home / Daerah

Kamis, 26 Oktober 2023 - 08:53 WIB

Cipta Tenaga Kerja Terampil, Pj Bupati Buka Pelatihan Menjahit dan Digital Marketing

REDAKSI - Penulis Berita

Lhoksukon, NEWSCEOACEH.COM – Penjabat Bupati Aceh Utara, Mahyuzar membuka pelatihan menjahit dan digital marketing berbasis kompetensi dan produktivitas, Kementerian Tenaga Kerja RI Tahun 2023.

Sebanyak 32 peserta ikut pelatihan di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Aceh Utara, Selasa (24/10/2023).

Pj Bupati Mahyuzar mengatakan apresiasi kepada para pihak atas terlaksananya kegiatan pelatihan, apalagi dalam tahun 2023 ini UPTD BLKI Aceh Utara telah selesai melaksanakan 15 paket kegiatan pelatihan berbasis kompetensi yang didanai dengan APBN Kementerian Tenaga Kerja dan yang dibuka pada hari ini adalah paket tambahan sebanyak dua paket pelatihan lagi.

Baca Juga :  Sebanyak 10 Narapidana Lapas Kutacane Terima Remisi Natal Tahun 2022

Menurut Mahyuzar, pelatihan ini sangat penting dan strategis untuk menyiapkan tenaga kerja yang kompeten, produktif dan berdaya saing.

Khususnya untuk dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan ekonomi dan kebutuhan pasar kerja lokal dan berbasis potensi unggulan daerah.

Lebih jauh Mahyuzar mengharapkan hendaknya BLKI ke depan dapat menjadi pusat pelatihan ketrampilan dan pengembangan wirausaha.

Untuk itu, perlu terus dilakukan revitalisasi BLKI menuju BLKI transformatif, yaitu BLKI yang mampu melakukan penyesuaian diri secara cepat terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja yang dinamis.

Sementara, Kepala Dinas Penanaman Modal Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Aceh Utara, Hj Nyak Tiari SE MM menyampaikan, kegiatan ini untuk dua kejuruan yaitu bidang keahlian garmen apparel atau menjahit pakaian dengan mesin dan keahlian digital marketing.

Baca Juga :  Hamdani Basyah Dinilai Layak Pimpin KONI Aceh

Kegiatan didanai dengan anggaran APBN dana tambahan dengan tujuan untuk mengurangi angka pengangguran dan menekan angka kemiskinan.

Pelatihan berlangsung 33 hari di gedung BLKI bekas kantor Bupati Aceh Utara, jalan T Hamzah Bendahara, Lhokseumawe dengan jadwal masuk pulul 08.00 WIB-15.00 WIB.

Kepala BLKI Aceh Utara, Nurul mengatakan pelatihan diharapkan dapat tercipta tenaga kerja yang terampil dan kompeten, sehingga mampu menciptakan lapangan kerja mandiri.

Share :

Baca Juga

Daerah

Bang BMW peduli Stunting

Daerah

Hamdani Basyah Dinilai Layak Pimpin KONI Aceh

Daerah

UNHCR: Pengungsi Rohingya di Aceh Tanggung Jawab Bersama

Daerah

Giat Patroli Rutin Sinergitas TNI/POLRI di Kabupaten Bireuen

Daerah

Jalan Hubungan Dua Gampong Belum Diaspal

Daerah

Pekan Ilmiah Kreativitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh Jilid VII Resmi Diselenggarakan

Daerah

Ngopi Bersama Warga, Kapolres Aceh Barat Tampung Aspirasi Masyarakat

Daerah

Pastikan Stok Bantuan Tersedia, Iswanto Tinjau Gudang Dinsos Aceh Besar