Home / Daerah

Rabu, 2 November 2022 - 12:58 WIB

Apel Gabungan, Dandim 0105/Abar Letkol Inf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A P., Menganalogikan TNI – Polri Adalah Cangkangnya Negara

REDAKSI - Penulis Berita

Aceh Barat, CEOACEH.COM– Dalam rangka menjalin kerjasama dan mempererat Sinergitas TNI – Polri, Personil Kodim 0105/Abar bersama Anggota Polres Aceh Barat menggelar Apel Gabungan di Makodim 0105/Abar yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan, Rabu (2/11/2022)

Apel Gabungan ini dipimpin langsung oleh Dandim 0105/Abar Letkol Inf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., dan Kapolres Aceh Barat Pandji Santoso, S.I.K. Kegiatan ini juga tampak dihadiri oleh Kasdim 0105/Abar Mayor Inf Mazwar As’adi Riyanto serta Kabag SDM AKBP Tatok Hariadi. Sementara untuk barisan depan atau peserta Apel diikuti oleh para Perwira, Bintara dan Tamtama dari kedua instansi yang membentuk barisan melebur menjadi satu kesatuan (membaur).

Bertindak selaku Perwira Jaga (Pa Jaga) yakni Lettu Inf Andika Trio Utama, S.H.

Usai menerima laporan dari Pa Jaga, Kapolres menyampaikan bahwa Apel Gabungan ini merupakan wadah untuk memperkuat sinergitas dan soliditas TNI – Polri khususnya di wilayah Aceh Barat.

“Kita adalah satu yang memiliki tujuan sama yakni memajukan serta menjaga kedaulan bangsa dan negara. Flash Back 24 tahun kebelakang, kala itu TNI – Polri menjadi satu payung yang bernama ABRI. Kami selaku Pimpinan di Aceh Barat mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para Personil semuanya yang telah bekerjasama dengan baik dalam menjaga perdamaian di Aceh, hal ini harus sama – sama Kita pertahankan. Pasalnya, soliditas adalah segala – galanya, apapun yang terjadi baik dalam suka maupun duka, TNI – Polri harus tetap satu”, tandas Kapolres tegas

Baca Juga :  DP3A Aceh Luncurkan Buku Statistik Gender Tahun 2023

Di atas Podium yang sama, Dandim 0105/Abar Letkol Inf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., menganalogikan bahwa TNI dan Polri adalah “Cangkang” nya negara.

“Sejak tahun 1998, TNI – Polri dipisahkan namun tetap sama – sama memegang peranan pokok masing – masing. TNI saat ini menjaga Cangkang bagian luar (Pertahanan) sedangkan Polri menjaga Cangkang bagian dalam yakni sisi Hukum dan Kamtibmas. Ini harus dipertahankan, apalagi saat ini eranya Proxy War maka sebagai Prajurit di lapangan jangan larut atau mudah terprovokasi oleh pihak – pihak yang ingin mengusik keharmonisan yang telah terbina selama ini. Mari Kita satukan instrumen, yang ingin mengganggu sinergitas TNI – Polri menjadi musuh Kita bersama”, gelora Dandim menimpali

Baca Juga :  Kuatkan Karakter Mahasiswa Baru Ilmu Komunikasi Unimal: HIMAKO UNIMAL Gelar PEUSAKA JILID VII

Dalam konstruksi bernegara, lanjut Dandim, TNI – Polri adalah sama yakni sebagai Aparatur Negara, namun yang membedakan hanyalah lnstitusinya.

Dalam kesempatan ini, Dandim dan Kapolres telah sepakat membuat Protap dan akan menggelar Apel Gabungan ini minimal dalam satu bulan sekali. Sebagai bukti sepakat, “MoU” secara lisan tersebut diperkuat dengan Salam Komado antara Dandim dan Kapolres. Apel Gabungan ini ditutup dengan “Yel – Yel” yang di Komandoi oleh Danramil 10/Woyla Barat Kapten Inf Herinizal serta diakhiri dengan acara ramah tamah.

Untuk diketahui, Apel Gabungan ini juga dilakukan serentak di Koramil – Posramil Jajaran Kodim 0105/Abar dengan dihadiri para Anggota Polsek Jajaran Polres Aceh Barat.(Muh)

Share :

Baca Juga

Daerah

Senantor Abdullah Puteh Kunjungi Pabrik Rokok di Aceh Tengah, Disambut Gembira

Daerah

Pj Bupati Agara Kunjungi Panti Asuhan di Biakmuli

Daerah

Lembaga Panglima Desak Menpan RB agar menerima Formasi Teknis PPPK bagi tenaga kontrak PAMHUT ACEH

Daerah

PJ Gubernur Aceh Sambut Kedatangan Menteri Polhukam

Daerah

Basarnas Banda Aceh Laksanakan Siaga SAR Khusus Jelang Nataru

Daerah

Kapolda Aceh Salurkan Puluhan Paket Bansos untuk Korban Banjir di Aceh Timur

Daerah

Hamdani Basyah Dinilai Layak Pimpin KONI Aceh

Daerah

DISHUB Ikut Memeriahkan Maulid Raya Pemerintah Aceh