Home / Uncategorized

Rabu, 14 Agustus 2024 - 15:31 WIB

AMANAH Beri Wadah Belajar dan Level Up Melalui Seminar NextGen UMKM: Visionaries For Lhokseumawe

REDAKSI - Penulis Berita

Lhokseumawe, NEWSCEOACEH.COM – Amanah Aceh kembali memperluas inisiatif dan dampaknya dengan program seminar NextGen UMKM: Visonaries For Lhokseumawe dengan tema “Penerapan Teknologi Guna Meningkatkan Efisiensi Dan Daya Saing Di Pasar Global” pada 14 Agustus 2024 di Aula Cabang Dinas Pendidikan Lhokseumawe.

Melalui kegiatan ini, AMANAH berkomitmen dalam membantu generasi muda di Kota Lhokseumawe untuk semakin berdaya dalam mewujudkan efisiensi & daya saing UMKM di pasar global yang selaras dengan sala satu pilar SDGs ‘Decent Work & Economic Growth’, dan memberikan manfaat kepada sesama melalui berbagai program positif. Seminar ini juga memiliki fokus pada dua tujuan utama, yaitu memaksimalkan potensi bisnis oleh pelaku UMKM melalui serangkaian materi dari tiga narasumber yaitu Mohammad Rizal, S.Sos, M.S.I, selaku Kepala Disperindag Lhokseumawe dan, Rahmad Baihaqi selaku owner cafe The Breeze Coffe dan Minisoccer F9, Rizki Mulyadi selaku owner Attariki Japan. Lalu demi memberikan wadah dalam mencapai aspirasi bisnis melalui forum diskusi anak muda yang berada di Kota Lhokseumawe.

“Lembaga Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat atau Lembaga AMANAH merupakan wadah perkumpulan bagi para pelaku UMKM, industri kreatif dan pemuda dalam meningkatkan ekosistem bisnis dan ekonomi di Provinsi Aceh. AMANAH juga berperan sebagai creative hub dengan penyediaan fasilitas kepada para pelaku UMKM untuk membangun jejaring usaha dan menguatkan entitas Bisnis. Saya mengucapkan terima kasih atas komitmen Presiden RI yang memberikan ruang bagi para pemuda Aceh melalui AMANAH untuk pengembangan inovasi, kreativitas produk ekonomi kreatif lokal. Saya Rahmad Baihaqi selaku owner cafe The Breeze Coffe dan Minisoccer F9 mengajak para pemuda Aceh untuk menjadi bagian dari AMANAH yang berkembang dan mandiri!” ujar Rahmad Baihaqi selaku owner cafe The Breeze Coffe dan Minisoccer F9 Lhokseumawe.

Seminar dibuka dan di resmikan oleh T. Sofianus selaku Wakil Ketua DPRK Lhokseumawe, beliau menyampaikan tentang spirit UMKM yang harus saling bersinergi antara berbagai elemen pemerintah dan masyarakat, tujuannya untuk mencapai kesejahteraan ekonomi baru di kota Lhokseumawe melalui sektor UMKM. Melalui forum ini dapat menciptakan inovasi dan membuka aksesibilitas daya UMKM ke pasar global.

Baca Juga :  Upaya Berangus Narkoba, Judi Online dan Cyberbullying Dosen FH Unimal Lakukan Penyuluhan Hukum

Hadirnya Rangkaian Pemberdayaan Ide Bisnis dengan Sesi Mentoring

Hanya dalam satu hari acara, AMANAH yang berkolaborasi dengan Kejar Mimpi Lhokseumawe by CIMB Niaga & Pelajar Islam Indonesia Lhokseumawe menghadirkan 130 peeserta dari perwakilan anak muda yang sedang dan mencoba merintis usaha, bersama dengan dukungan berbagai pihak yaitu Wardah, Emina, Shesh Bouquet, Lapak Nyemilku, Bitsy Bites, Bakso Kampungqu, High & Low Burger, Muun Donat, Take & Gift, ADG Printing, dan AiniQua turut andil berperan penting dalam rangkain seminar melalui dukungan motivasi & produk untuk peserta terbaik. Ada pula sesi Mentoring yang melibatkan peserta & perwakilan UMKM untuk berdiskusi dan mendapatkan ilmu lebih intensif.

Acara akan semakin menarik dengan talkshow Financial Future Outlook: Diving into the Career Potential of the Banking Sector & E-Commerce bersama Umi Kalsum Rahman

Branch Manager CIMB Niaga Syariah Denpasar Bali & Kiki Putri Pasai, Channel Development Manager of Tokopedia. Career & Education Expo ini juga menghadirkan penampilan special Rafie Rafsanjani & Putu Esa, kelas mentoring Color Expert Class by Wardah, sampai talkshow Embracing Opportunity : Get a Scholarship and Closer to Level Up Your Personal Branding Bersama I Putu Ananda Khrisna Tanaya dari Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) & Herywanto, Manager Mobile GTM Operations Region Bali Nusra (Telkomsel), Hari eprtama ditutup manis dengan penampilan Nothink Band.

Hari kedua tidak kalah menarik dengan dibuka oleh penampilan Ni Putu Primerawati dan dilanjutkan oleh talkshow Consistency is the Key: Strategies for Long-Term Career Sustainability bersama Yan Jimmy Hendrik Simarmata dari Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan dua di Kantor OJK Provinsi Bali, I Wayan Adi Pratama selaku Founder & Creative Director di Reaktan Asia Digital & Bagus Adnyana selaku Pemimpin Cabang CIMB Niaga Thamrin, Bali.

Setelah penampilan apik dari AMERALDZ, acara berlanjut ke kelas mentoring The Best Way to Start Your Scholarship Plan bersama Amanda Gita Beasiswa Unggulan Awardee 2020-2024 dan talkshow Sharing Success: Inspirational Stories of Undergraduate Scholarship Awardee bersama Karinka Bela, GenBI Scholarship Awardee 2021 & Agus Erik Wistika Putra, XL Future Leaders Scholarship Awardee 2021.

Tema lain juga diulas dalam talkshow Stepping Into a New World: Educational Adventures Abroad through Master’s Scholarships bersama Berlian Audya Parimayuna, International Academic Excellence Scholarships 2020 & Dwi Harkita Ningrum dari Sun Education serta talkshow The Idealist vs. Realist: Navigating Success in Education and Career bersama Delvino Ahmad Hidayat Lolianto , Founder of Onyx Bali & Taichan Bli Vino, I Komang Adi Muliana selaku Duta Bahasa Provinsi Bali 2022 & Freelance Event Organizer & I Made Halmadiningrat, IISMA Scholarship Awardee 2023 at Maastricht University.

Baca Juga :  Partisipasi Pemilih Aceh Besar Lampaui Target Nasional

Tips inspiratif turut dihadirkan di kelas mentoring Tips for Successfully Passing a Scholarship Interview dari Bagus Khrisna Dwipayana penerima Beasiswa Unggulan Awardee 2021-2024 dan rangkaian acara dua hari ini ditutup oleh Tania and Reynold Acoustic Band.

Dukungan CIMB Niaga akan terus dilakukan dalam Upaya anak muda mewujudkan aspirasi menjadi inspirasi yang bermakna untuk kemajuan Indonesia. CIMB Niaga berkomitmen untuk terus mewadahi komunitas Kejar Mimpi yang telah tersebar di 35 kota untuk melanjutkan berbagai program yang berdampak bagi masyarakat luas.

 

“Besar harapan dengan diadakannya program ini dapat meningkatkan motivasi anak muda dalam mengejar aspirasi atau mimpinya dan menjadi tempat untuk mempelajari dan menemukan karir dan pendidikan masa depannya.” Ujar Made Ayu Chandra Dewi Harika Putri selaku Leader Komunitas Kejar Mimpi Bali.

Tentang Komunitas Kejar Mimpi

Komunitas Kejar Mimpi adalah bagian dari Gerakan #KejarMimpi yang diinisiasi PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) sebagai wadah bagi generasi muda untuk mengasah skill kepemimpinan dan volunteering. Gerakan sosial #KejarMimpi memiliki visi untuk membentuk generasi muda Indonesia yang positif dalam menerapkan nilai hidup melalui pengembangan dan motivasi diri yang baik, sehingga mampu memberikan nilai yang dapat memajukan Indonesia.

Tahun 2024 ini, Komunitas Kejar Mimpi telah tersebar di 35 kota di Indonesia dengan lebih dari 1.100 anggota aktif. Sejak berdiri hingga kini, Komunitas Kejar Mimpi telah menyelenggarakan lebih dari 1.600 kegiatan serta menginspirasi lebih dari 185.000 masyarakat dalam mengembangkan diri, melakukan aksi sosial dan memberikan dampak positif untuk masyarakat sekitar melalui 4 pilar utama yaitu Pendidikan, lingkungan, filantropi dan pembangunan ekonomi sosial.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

MASUKI USIA 22 TAHUN, KAB. GAYO LUES KUKUHKAN SEMANGAT PEMBANGUNAN DAERAH

Uncategorized

LSM LIRA Dukung Komitmen Brantas Korupsi Prabowo-Gibran 2024-2029. Buat Pelatihan Anti Korupsi Bagi LSM dan Jurnalis/Media

Uncategorized

Dana BOS SMK PP Kutacane Terkelola dengan Transparan dan Sesuai Prosedur

Uncategorized

Dana BOS kepsek Harus Transparan

Uncategorized

FLS2N SMK Aceh 2024 Sukses Digelar, Berikut Daftar Juara

Uncategorized

Warga Temukan Wanita Tanpa Identitas, Saat ini berada di RSUD H.Sahudin Kutacane

Uncategorized

Ketum PWMOI Jusuf Rizal Dukung Sikap Wakapolri Agus: Produk Jurnalistik Tak Boleh Dipidana

Uncategorized

Kemendikud Laksanakan Assismen nasional