Home / Uncategorized

Senin, 19 Desember 2022 - 17:21 WIB

IPAR Gandeng PWI Aceh Besar Gelar Pelatihan Jurnalistik

REDAKSI - Penulis Berita

Aceh Besar |NEWSCEOACEH.COM – Ikatan Pemuda Aceh Besar (IPAR) bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Besar, gelar pelatihan jurnalistik untuk pemuda di Kabupaten Aceh Besar.

 

Kegiatan ini berlangsung di Sekretariat IPAR di kawasan Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Minggu (18/12/2022).

 

Acara yang diikuti oleh puluhan pemuda dari sejumlah kecamatan di Aceh Besar itu, dibuka langsung oleh ketua PB IPAR Aceh Besar, Fata Muhammad SPdI MM.

 

Dalam sambutannya, Fata Muhammad mengatakan, pelatihan jurnalistik ini bertujuan untuk mengenalkan profesi wartawan kepada pemuda di Aceh Besar, khususnya yang bernaung di bawah IPAR.

 

”Ini juga sebagai edukasi dan menciptakan kader atau generasi guna menjadi seorang jurnalis. Apa lagi saat ini jumlah wartawan atau jurnalis asal Aceh Besar sangat sedikit,” kata Fata yang saat ini juga menajabat sebagai Sekretaris DPRK Aceh Besar.

Baca Juga :  Mentan Dampingi Presiden Meninjau Panen Raya Padi

 

Ia berharap, kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan edukasi bagi para peserta yang tertarik untuk menekuni bidang jurnalistik.

 

Sementara Ketua PWI Aceh Besar, Jufrizal mengatakan, pemuda khususnya di Aceh Besar harus mengerti kaidah menulis jurnalistik, sehingga terhindar dari kesalahan pahaman tentang jurnalistik.

 

Menurutnya, keterampilan menulis menjadi suatu bekal penting bagi anak-anak muda. Sebab, katanya, antusias generasi millenial saat ini sangat tinggi dalam aktifitas media sosial. Tentu sebagai syarat, mereka harus memiliki wawasan literasi digital yang mapan.

Baca Juga :  RAS MEULABOH KALAHKAN UTD 4-0

 

“Makanya perlu bekal menulis agar konten atau narasi yang dibuat di medsos menjadi konten yang menarik dan mendidik. Serta terhindar dari delik undang-undang,” paparnya.

 

Pelatihan jurnalistik ini menghadirkan Penasihat PWI Aceh Besar sekaligus pemimpin redaksi Halaman7.com, Iranda Novandi sebagai pemateri.

 

Pada paparan awal, peserta diberikan materi dasar terkait penulisan berita, yakni 5W+1 H. Puluhan peserta yang mengikuti pelatihan tersebut sangat antusias.

 

Tak sedikit yang melontarkan pertanyaan seputar jurnalistik, dunia wartawan dan kepenulisan. Dalam pelatihan jurnalistik itu, juga diwarnai diskusi hangat dari para peserta. Dengan pertanyaan-pertanyaan kritis menyangkut UU Pers, etika jurnalistik.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

LIRA Dorong Syakir Keluarkan Perbup TA 2024 , Pokir Dewan Dihapus

Uncategorized

Publisher Right Kado HPN dari Jokowi

Uncategorized

H. Julkifli M.Pd Dilantik Sebagai Ketum PERSIKAP Aceh Tenggara

Uncategorized

Tim Auditor LPPOM MPU Aceh Audit Produk Halal UP SMK-PP Negeri Kutacane

Uncategorized

Pererat Sinergitas, Pj Bupati Aceh Tenggara Silaturahmi Ke Kodim 0108/Agara

Uncategorized

SMK PP Kutacane Kembangkan PWMP

Daerah

Peserta Tour De Sumatera VI Salurkan Donasi untuk Korban Gempa Turki Suriah

Uncategorized

Ribuan Masyarakat Mutiara Raya Meramaikan Silaturrahmi Isra’ Mi’raj dan Ulang Tahun Partai Gerindra: Dek Fad Ajak Pidie Bersatu Demi Kemajuan Daerah