Home / Uncategorized

Kamis, 26 September 2024 - 20:46 WIB

HIMAKO Berikan Bekal Jurnalistik, Cara Menulis Berita di Tengah Arus Media Sosial

REDAKSI - Penulis Berita

Lhokseumawe, NEWSCEOACEH.COM – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKO) Universitas Malikussaleh mengadakan seminar dan pelatihan jurnalistik dengan tema “Menulis Berita di Era Media Digital: Mengelola Media dengan Kritis Sesuai Etika Jurnalistik”. Kegiatan ini berlangsung di Aula Cut Meutia, Bukit Indah, Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, pada Kamis (26/09/2024) pukul 09.00 WIB.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Divisi Jurnalistik HIMAKO, bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam penulisan berita, khususnya press release. Ketua Panitia, Farhan Ardiansyah, menyampaikan bahwa tema seminar dan pelatihan jurnalistik ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai tantangan di era jurnalistik digital dalam membuat berita.

“Perlu diketahui, antusiasme mahasiswa sangat tinggi. Awalnya, kuota peserta hanya 80 orang, namun lebih dari 100 mahasiswa berpartisipasi dalam acara ini. Ini tentu sangat diapresiasi, banyak teman-teman mahasiswa yang ingin belajar menulis berita dalam ranah digital,” ujar Farhan.

Baca Juga :  IPAR Gandeng PWI Aceh Besar Gelar Pelatihan Jurnalistik

Ketua Umum HIMAKO periode 2024/2025, Muhammad Taufiqquraman, memberikan arahan kepada peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan serius dan memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya, karena ilmu yang diberikan sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

Ahmad Albastin, S.Ikom., alumni Ilmu Komunikasi sekaligus mantan Ketua HIMAKO, juga memberikan masukan kepada mahasiswa, menekankan pentingnya pemahaman mendalam tentang penulisan berita yang benar.

Seminar ini dibuka oleh Harinawati, S.Sos., M.A., selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi. Beliau mengapresiasi mahasiswa yang berpartisipasi dan berharap mereka dapat memanfaatkan ilmu yang diberikan oleh pemateri. Selain itu, Zulhilmi, S.IP., M.HI., Ketua Mutu Jurusan Ilmu Politik dan Ilmu Komunikasi, menyampaikan pesan kepada mahasiswa agar mereka memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan pengetahuan mendalam tentang penulisan berita.

Baca Juga :  Lapas Kutacane Gelar Apel Kesiapsiagaan Nataru

“Tetap semangat dan manfaatkan ilmu yang diperoleh hari ini. Curi ilmunya!” ujar Zulhilmi.

Pemateri dalam kegiatan ini adalah Jafaruddin, M.Sos., Kepala Biro Serambi Lhokseumawe sekaligus dosen Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh. Jafaruddin memaparkan teknik penulisan berita mulai dari judul, pembukaan, isi, hingga unsur 5W+1H, serta penutup.

“Penulisan press release yang benar harus mengikuti kaidah jurnalistik. Mahasiswa juga harus memahami perbedaan antara media sosial dan media yang diatur oleh undang-undang,” ujar Jafaruddin.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab seputar press release, diikuti dengan pembagian doorprize untuk peserta yang terbaik dalam pelatihan jurnalistik tersebut.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Kelas Industri Kopi SMK PP Kutacane DiBuka

Uncategorized

HARDIKDA Aceh Diperingati

Uncategorized

Dana BOS kepsek Harus Transparan

Uncategorized

Pemkab Aceh Besar Apresiasi Santri Dayah Lolos PON XXI

Uncategorized

Pemda Aceh Tenggara Memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2022

Uncategorized

PON Aceh- Sumut XXI dibuka Presiden RI Joko Widodo

Uncategorized

ILKOM UNIMAL Gelar Malam Puncak PIKM VII, Rangkaian Acara Berhasil Memukau Tamu yang Hadir

Uncategorized

Yapsi Siap kembangan Gizi dan Tanggulangi Stunting