Home / Uncategorized

Kamis, 3 Agustus 2023 - 13:04 WIB

IP2SIP Gayo Terima Siswa SMK PP Kutacane untuk Prakerin Budidaya Kopi Arabika

REDAKSI - Penulis Berita

Banda Aceh, NEWSCEOACEH.COM – Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pertanian (IP2SIP) Gayo dengan bangga menerima 15 siswa-siswi dari SMK Pembangunan Pertanian (PP) Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara, untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di tempat mereka. Guru pembimbing dari SMK PP Kutacane, Rafsanjani, SP, akan mendampingi siswa-siswi tersebut dalam mempelajari budidaya kopi arabika terstandar dari hulu sampai hilir Selasa 03/08/23.

Acara penyambutan di IP2SIP Gayo berlangsung pada tanggal 1 Agustus 2023, di mana Rafsanjani, SP berbicara dalam sambutannya, menyampaikan harapannya agar IP2SIP dapat memberikan bimbingan yang baik sehingga para siswa mendapatkan pengalaman berharga di luar sekolah. Budidaya kopi arabika gayo yang dipelajari oleh siswa-siswi ini diharapkan dapat menjadi bekal berharga untuk kehidupan mereka di masa depan.

Kepala Badan Standarisasi Industri Pertanian (BSIP) Aceh, melalui koordinator IP2SIP Gayo, Ishar, S.ST, menyambut baik kedatangan guru pembimbing dan siswa-siswi dari SMK PP Kutacane. Ishar berpesan kepada para siswa untuk siapkan mental dan jaga kesehatan agar mereka dapat belajar dengan baik di daerah yang sejuk ini.

Baca Juga :  Selamat dan Sukses PJ Bupati Aceh Tenggara

Selama satu bulan ke depan, para siswa akan belajar mengenai seleksi benih, pembibitan, hingga pasca panen dalam budidaya kopi arabika. Tidak hanya itu, mereka juga berkesempatan untuk mencicipi kopi gayo yang sudah terkenal hingga mancanegara.

Rafsanjani mengakhiri sambutannya dengan ungkapan terima kasih kepada IP2SIP Gayo karena telah memberikan fasilitas dan kesempatan kepada para siswa untuk melaksanakan Prakerin. Ia berharap agar kerjasama antara SMK PP Kutacane dan IP2SIP Gayo dapat terus berlanjut untuk mewujudkan pendidikan yang berjiwa wirausaha, termasuk dalam melaksanakan kegiatan Prakerin.

Sementara itu, Kepala SMK PPN Kutacane, Muhammad SP MP, juga memberikan informasi mengenai kegiatan Prakerin dari sekolahnya. Selain dikirimkan ke IP2SIP Gayo, siswa-siswi SMK PP Kutacane juga dikirim untuk magang di BBIH Johor Medan, Armiadi Coffee, Ovo Coffee Bener Meriah untuk jurusan agribisnis tanaman perkebunan, dan di BBIH Pulogadung Brastagi untuk agribisnis tanaman hortikultura. Kegiatan Prakerin ini akan berlangsung selama tiga bulan di berbagai tempat, termasuk di dunia usaha dan industri serta di kelompok tani dan Balai Penyuluh Pertanian. Diharapkan siswa-siswa ini akan menjadi kompeten dalam bidang pertanian dan dapat diterima di tempat Prakerin mereka.

Baca Juga :  BPOM Aceh Tingkatkan Kolaborasi Bersama Pemda Cegah Stunting hingga Pelosok Negeri

Dengan adanya kegiatan Prakerin di berbagai instansi dan lokasi yang berbeda, diharapkan para siswa-siswi dari SMK PP Kutacane dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam bidang pertanian, serta mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih cerah dalam industri kopi Arabika dan pertanian secara umum.

Share :

Baca Juga

Kepala sekolah smk pp negeri kutacane mengecek jalur pipa instalasi air yang rusak

Uncategorized

Kepala Sekolah SMK PP Kutacane Kritik Berita Tendensius Terkait Dugaan Alergi Terhadap Wartawan

Uncategorized

Ormas dan LSM Yang Terdaftar di Kesbangpol Agara

Uncategorized

Di Aceh Besar, Kotak Suara Pemilu Sudah Bergeser ke Kecamatan

Uncategorized

Tiba di Aceh, Pelajar Peraih Medali di Bangkok Disambut Kalungan Bunga

Uncategorized

Rapat Koordinasi DPW Aceh dan DPD Aceh Besar IWOI Dalam Membentuk Panitia Untuk Pelantikan Bersama

Uncategorized

Pj Bupati Aceh Besar Bersama Istri Nyoblos di TPS 01 Gampong Gani

Uncategorized

Nasrul Zaman : Sudah Saatnya Sekda Aceh Tenggara Diganti , Dana Pembangunan Masjid 11 Milyar Disorot

Uncategorized

Silaturahmi dan Halal bi Halal dengan insan Pers di hadiri Penjabat Bupati Aceh Tenggara (Agara)