Home / Uncategorized

Senin, 15 Januari 2024 - 15:51 WIB

Calon Haji Aceh Lakukan Pelunasan Hiaya Haji Hingga 12 Februari

REDAKSI - Penulis Berita

Banda Aceh, NEWSCEOACEH.COM – Kementerian Agama (Kemenag) Aceh menyebut jamaah calon haji Aceh yang dijadwalkan berangkat ke tanah suci pada tahun 2024 sudah mulai melakukan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (bipih) sejak 10 Januari hingga 12 Februari.

“Sekarang jamaah calon haji Aceh sudah mulai pelunasan bipih sejak 10 Januari kemarin, sampai 12 Februari nanti,” kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Aceh, Arijal di Banda Aceh, Sabtu (13/1/2024).

Ia menjelaskan bipih yang harus dibayar calon jamaah yang berangkat tahun ini sebesar Rp49,99 juta. Para calon jamaah telah melakukan penyetoran awal sebesar Rp25 juta untuk mendapatkan nomor porsi, sehingga kini sedang melunasi sisanya.

Baca Juga :  Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Seulawah Tahun 2023 Dipimpin Oleh Kapolda Aceh

Pada tahun ini, lanjut dia, sebelum melakukan pelunasan bipih ke bank, calon jamaah haji diminta untuk lebih dulu melakukan pemeriksaan kesehatan pusat kesehatan masyarakat.

“Untuk tahun ini seluruh jamaah diimbau untuk mengecek kesehatan dulu sebelum pelunasan (bipih) ke bank. Maka kita imbau kepada jamaah untuk datang terus Puskesmas supaya lebih cepat diperiksa kesehatannya,” ujarnya.

Selain itu, Kemenag juga mengimbau calon jamaah haji yang dijadwalkan berangkat tahun ini untuk mempersiapkan diri dengan baik mulai dari fisik, mental dan persiapan lainnya untuk melaksanakan ibadah haji.

“Untuk manasik haji, calon jamaah boleh manasik mandiri, manasik ke pesantren atau manasik di KBIH juga boleh,” ujarnya.

Baca Juga :  Melalui (Jum'at Curhat) AKBP. Bramanti, Dengarkan Keluhan Warga, Ketua APDESI : Apresiasi Kapolres Aceh Tenggara

Pada 2024 ini, Aceh mendapat kuota haji sebanyak 4.379 jamaah. Tahun ini, kuota haji Indonesia mendapat tambahan sebanyak 20 ribu jamaah, namun ada pembagian per provinsi.

“Aceh dapat kuota haji tahun ini sebanyak 4.379 orang. Tahun ini ada penambahan kuota 20 ribu secara nasional, di antaranya 10 ribu untuk reguler dan untuk Aceh diperkirakan sekitar 200-an orang,” ujarnya.

Hingga saat ini, Kemenag mencatat calon jamaah haji yang masuk dalam daftar tunggu di Aceh sebanyak 134.642 orang, dengan masa tunggu 33 tahun.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

BPKA Terima Kartu Kredit Pemerintah Daerah dari Bank Aceh

Uncategorized

Disponsori BUMN, PWI Pusat “Kick Off” UKW di Aceh

Uncategorized

Keren, Jajaran Polres Simeulue Adakan Forum Jum’at Curhat Bersama Warga

Uncategorized

Tiba di Aceh, Pelajar Peraih Medali di Bangkok Disambut Kalungan Bunga

Uncategorized

Senator Abdullah Puteh Hadiri Haul Sultan Iskandar Muda ke 386 Tahun

Uncategorized

Ormas dan LSM Yang Terdaftar di Kesbangpol Agara

Uncategorized

USK Bekali Mahasiswanya untuk Program Pertukaran Mahasiswa IISMA

Uncategorized

KGBN Bagikan Paket Jum’at Berkah ke Seratus di Jakarta Kota