Home / Uncategorized

Sabtu, 21 September 2024 - 10:16 WIB

Peduli Isu Kesehatan, Komunitas Kejar Mimpi Lhokseumawe Adakan Road to #HealthyDreamMovement

REDAKSI - Penulis Berita

Lhokseumawe – NEWSCEOACEH.COM Komunitas Kejar Mimpi Lhokseumawe selenggarakan kegiatan Road to #HealthyDreamMovement bertema “Small Steps, Big Changes: Your Path to a Healthier Future” pada Jumat, 20 September 2024.

Kegiatan ini berlangsung pukul 14.00 s.d. 17.00 WIB bertempat di Aula Biro Lantai 3, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe dengan jumlah 200 peserta yang merupakan mahasiswa dan masyarakat di Kota Lhokseumawe.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan dari Ketua Panitia, Leader Kejar Mimpi Lhokseumawe, dan peresmian pembukaan acara oleh Nurul Hikmah, M.Pd, sebagai Kepala Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) IAIN Lhokseumawe.

Nurul Hikmah, M.Pd, dalam kata sambutannya menyampaikan perasaan bangga karena dapat berkolaborasi dengan komunitas di Lhokseumawe untuk membawa kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi orang banyak. “Tujuan Kejar Mimpi Lhokseumawe mengadakan talkshow ini bukan hanya memberikan edukasi, tetapi juga membangun habit yang sehat. Sebagai generasi penerus bangsa, keharusan bagi kita untuk memiliki kesehatan yang baik, tidak hanya kesehatan fisik, tetapi juga pikiran, personal, emosional, dan agama, sehingga dengan hal tersebut dapat membawa kita mampu mengejar mimpi,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut, Komunitas Kejar Mimpi Lhokseumawe menghadirkan tiga pemateri berpengalaman untuk memberikan pemahaman terkait hal kecil yang mampu memberikan perubahan besar dalam dunia kesehatan; seperti Zorasofia, SKM selaku Koordinator PTM dan Keswa Dinkes Kota Lhokseumawe, Salahuddin, S.ST., M.S.M, selaku Kepala Dinas DP3AP2KB Kota Lhokseumawe, dan Aulia Maulana Rizki yang merupakan KCH at Paragon Corp.

Isu-isu kesehatan yang kini tersohor menjadi topik yang diangkat dalam kegiatan Road to #HealthyDreamMovement, di antaranya adalah Edukasi Komprehensif tentang Diabetes untuk Generasi Sehat; Selamatkan Indonesia dari Ancaman HIV/AIDS; dan Skin Education.

Zorasofia, SKM dalam penyampaian materinya memaparkan, “Penyakit-penyakit tidak menular tumbuh tanpa ada gejala yang kuat dalam diri kita, misalkan hanya merasakan pusing, sehingga bagi orang malas untuk konsultasi kesehatan. Maka, sangat penting bagi kita untuk mengonsumsi buah dan sayur, menjaga kadar gula yang baik, mengatur pola hidup sehat, dan melakukan pola CERDIK (Cek kesehatan, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola stres dengan baik) agar terhindar dari berbagai penyakit, termasuk diabetes.”

Baca Juga :  Komunitas Pedagang Keliling Serahkan Donasi untuk Palestina

Pemateri kedua dalam talkshow tersebut, Salahuddin S.ST., M.S.M mengisi acara dengan pembahasan yang tak kalah menarik, yakni berkenaan dengan HIV/AIDS. Dalam paparannya, ia menuturkan dengan jelas virus HIV/AIDS berasal dari mana hingga bagaimana penyakit HIV/AIDS dapat menular. Beliau juga menyampaikan pesannya kepada peserta talkshow untuk terus menjaga kesehatan reproduksi serta berkonsultasi dengan bidan atau tenaga medis meski tidak merasakan keluhan apapun.

Skin education menjadi topik terakhir dalam kegiatan tersebut. Aulia Maulana Rizki sebagai pemateri ketiga memaparkan perbedaan kulit laki-laki dan perempuan, permasalahan kulit, dan definisi kulit sehat itu seperti apa. “Basic skin care yang harus digunakan itu ada tiga; moisturizer, facial wash, dan sunscreen,” tambahnya saat menjelaskan kembali jawaban atas pertanyaan yang sempat dilemparkan kepada peserta.

Penyampaian materi yang diangkat dari ketiga pemateri melahirkan banyak pertanyaan dari peserta hingga sesi tanya jawab menjadi salah satu agenda dalam kegiatan tersebut. Tak hanya itu, alih-alih bosan mendengarkan paparan materi, panitia Komunitas Kejar Mimpi Lhokseumawe mampu mencairkan suasana dengan adanya games dan pembagian doorprize bagi peserta yang beruntung.

Baca Juga :  HM Yusuf Rizal Pimpin Madas Nusantara

Sejumlah pihak ikut berkolaborasi dalam acara ini, di antaranya; Pemerintah Kota Lhokseumawe, Universitas Malikussaleh, Dema IAIN Lhokseumawe, PSGA IAIN Lhokseumawe, Dinas Kesehatan Lhokseumawe, serta DPM dan BEM Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh. Tak hanya berkolaborasi, beberapa pihak lain juga terlibat guna mendukung acara tersebut, seperti Wardah, Kahf, Emina, Mixue, Atariki Japan, Percetakan Alkaysan Pro, Bakso KampungQu, YourPartyBuddies, Pizza House, Lee Desert, dan UD. Rizki Jaya.

Tentang Komunitas Kejar Mimpi

Komunitas Kejar Mimpi adalah bagian dari Gerakan #KejarMimpi yang diinisiasi PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) sebagai wadah bagi generasi muda untuk mengasah skill kepemimpinan dan volunteering. Gerakan sosial #KejarMimpi memiliki visi untuk membentuk generasi muda Indonesia yang positif dalam menerapkan nilai hidup melalui pengembangan dan motivasi diri yang baik, sehingga mampu memberikan nilai yang dapat memajukan Indonesia.

Tahun 2024 ini, Komunitas Kejar Mimpi telah tersebar di 35 kota di Indonesia dengan lebih dari 1.100 anggota aktif. Sejak berdiri hingga kini, Komunitas Kejar Mimpi telah menyelenggarakan lebih dari 1.600 kegiatan serta menginspirasi lebih dari 185.000 masyarakat dalam mengembangkan diri, melakukan aksi sosial dan memberikan dampak positif untuk masyarakat sekitar melalui 4 pilar utama yaitu pendidikan, lingkungan, filantropi dan pembangunan ekonomi sosial.

Share :

Baca Juga

Menkominfo Budi Arie Setiadi, dalam Topping Off Jakarta Selatan Timur 1 (JST1) Bersama Digital Data Center (BDDC) di Jakarta, pada Selasa (21/11/2023)/Foto: Humas Kominfo

Uncategorized

Menkominfo Dorong Pengembangan Pusat Data Swasta di Indonesia

Uncategorized

Pengurus IWO-I Aceh Resmi Dilantik Secara Bersamaan Dengan DPD IWO-I Kabupaten/Kota

Uncategorized

LIRA Aceh Hadiri Rakernas Serta Seminar Nasional Anti Korupsi 

Uncategorized

MENUJU WARGA JAYA INDONESIA YANG BEROTOT KAWAT DAN BERTULANG BESI

Uncategorized

Imbauan: Pemberlakuan Pajak Wisata Bali 2024, Berikut yang perlu diketahui penumpang Indonesia AirAsia

Uncategorized

Dirreskrimsus Polda Aceh Pantau Lokasi Tambang Ilegal Lewat Udara

Uncategorized

Ribuan Masyarakat Mutiara Raya Meramaikan Silaturrahmi Isra’ Mi’raj dan Ulang Tahun Partai Gerindra: Dek Fad Ajak Pidie Bersatu Demi Kemajuan Daerah

Uncategorized

FLS2N SMK Aceh 2024 Sukses Digelar, Berikut Daftar Juara