Home / Uncategorized

Selasa, 11 Juni 2024 - 14:50 WIB

“Kreasi Terobosan: Pelatihan Pemuda Aceh dalam Mengubah Sampah Menjadi Inovasi

REDAKSI - Penulis Berita

NEWSCEOACEH.COM – BANDA ACEH – pelatihan bertajuk “Kreasi dan Inovasi Sampah untuk Pemuda Aceh” telah resmi dimulai. Acara yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan dalam mengelola sampah di lingkungan masyarakat ini diselenggarakan oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh, Senin, (10/6/24)

Pelatihan ini dilaksanakan mulai tanggal 10 hingga 13 Juni 2024 di Hotel Grand Arabia – Blang Padang, Banda Aceh. Dalam rangkaian kegiatan, peserta diajak untuk terlibat aktif dalam berbagai sesi yang mencakup pembelajaran teori, praktik, dan diskusi.

Hari pertama, diawali dengan proses registrasi peserta yang disambut hangat oleh panitia acara. Suasana kebersamaan terjalin saat peserta saling berkenalan.

Baca Juga :  Hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Aceh Tenggara

Selanjutnya, hari kedua acara dibuka dengan sambutan dari panitia. Materi pertama mengenai “Sampah Sebagai Masalah Sosial Masyarakat” disampaikan oleh Narasumber Panca Nanda Febrian HRP (Sosiolog) dan Sirajul Huda.

Peserta tidak hanya mendengarkan teori, tetapi juga terlibat dalam berbagai praktik kreasi sampah seperti pembuatan Ecobrik dan Eco Enzym. Bimbingan dari para ahli seperti Rahmiana Rahman (Founder 3R), Fatimah Zuhra (Flower Aceh), dan M. Rizki Pratama memberikan inspirasi bagi para peserta.

Diskusi tentang “Dinamika Kelompok & Challenge Ide Kampanye Sampah di Lingkup Komunitas Masyarakat” turut menghangatkan suasana, dipandu oleh Fahry Purnama (Founder Pesawat Kertas) dan Sirajul Huda.

Baca Juga :  Resmi Menjadi Es Krim Ofisial Tim Indonesia, Aice Dukung Atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024

menjadi momen kunjungan belajar ke Bank Sampah USK & TPA Gampong Jawa, yang diperkaya dengan pengetahuan dari narasumber terkemuka seperti Rahma (Ketua Bank Sampah USK) dan perwakilan dari DLHK3 Banda Aceh.

Pembahasan tentang “Keberhasilan Pengelolaan Lingkungan & Sampah oleh Pemko Banda Aceh” menjadi salah satu sorotan pada hari tersebut, dipimpin oleh Cut Safarina S.T., M.M., M.T (DLHK3 Banda Aceh) dan M. Rizki Pratama.

Selain itu, mereka juga memiliki tugas proyek berkelompok yang mencakup pembuatan video tentang pelatihan, Ecobrik, Eco Enzym, dan ide program/kampanye sampah di masyarakat.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Nasrul Zaman : Sudah Saatnya Sekda Aceh Tenggara Diganti , Dana Pembangunan Masjid 11 Milyar Disorot

Uncategorized

Imbauan: Pemberlakuan Pajak Wisata Bali 2024, Berikut yang perlu diketahui penumpang Indonesia AirAsia

Uncategorized

Bupati Aceh Tenggara Pimpin Apel Kesiapsiagaan dan Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana

Uncategorized

POLBANGTAN/PEPI KEMENTAN SIAP TERIMA MAHASISWA BARU

Uncategorized

Ini prediksi DPRA Dapil 8

Uncategorized

PWI Aceh Sesalkan Oknum Wartawan Pemeras Kepsek

Uncategorized

Disponsori BUMN, PWI Pusat “Kick Off” UKW di Aceh

Uncategorized

Kapoldasu dan Pangdam BB Turun Tangan 2 pelaku diRingkus,IJW Apresiasi