Home / Uncategorized

Selasa, 11 Juni 2024 - 14:50 WIB

“Kreasi Terobosan: Pelatihan Pemuda Aceh dalam Mengubah Sampah Menjadi Inovasi

REDAKSI - Penulis Berita

NEWSCEOACEH.COM – BANDA ACEH – pelatihan bertajuk “Kreasi dan Inovasi Sampah untuk Pemuda Aceh” telah resmi dimulai. Acara yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan dalam mengelola sampah di lingkungan masyarakat ini diselenggarakan oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh, Senin, (10/6/24)

Pelatihan ini dilaksanakan mulai tanggal 10 hingga 13 Juni 2024 di Hotel Grand Arabia – Blang Padang, Banda Aceh. Dalam rangkaian kegiatan, peserta diajak untuk terlibat aktif dalam berbagai sesi yang mencakup pembelajaran teori, praktik, dan diskusi.

Hari pertama, diawali dengan proses registrasi peserta yang disambut hangat oleh panitia acara. Suasana kebersamaan terjalin saat peserta saling berkenalan.

Baca Juga :  Resmi Menjadi Es Krim Ofisial Tim Indonesia, Aice Dukung Atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Selanjutnya, hari kedua acara dibuka dengan sambutan dari panitia. Materi pertama mengenai “Sampah Sebagai Masalah Sosial Masyarakat” disampaikan oleh Narasumber Panca Nanda Febrian HRP (Sosiolog) dan Sirajul Huda.

Peserta tidak hanya mendengarkan teori, tetapi juga terlibat dalam berbagai praktik kreasi sampah seperti pembuatan Ecobrik dan Eco Enzym. Bimbingan dari para ahli seperti Rahmiana Rahman (Founder 3R), Fatimah Zuhra (Flower Aceh), dan M. Rizki Pratama memberikan inspirasi bagi para peserta.

Diskusi tentang “Dinamika Kelompok & Challenge Ide Kampanye Sampah di Lingkup Komunitas Masyarakat” turut menghangatkan suasana, dipandu oleh Fahry Purnama (Founder Pesawat Kertas) dan Sirajul Huda.

Baca Juga :  Aceh Sengsara Denmark Bahagia

menjadi momen kunjungan belajar ke Bank Sampah USK & TPA Gampong Jawa, yang diperkaya dengan pengetahuan dari narasumber terkemuka seperti Rahma (Ketua Bank Sampah USK) dan perwakilan dari DLHK3 Banda Aceh.

Pembahasan tentang “Keberhasilan Pengelolaan Lingkungan & Sampah oleh Pemko Banda Aceh” menjadi salah satu sorotan pada hari tersebut, dipimpin oleh Cut Safarina S.T., M.M., M.T (DLHK3 Banda Aceh) dan M. Rizki Pratama.

Selain itu, mereka juga memiliki tugas proyek berkelompok yang mencakup pembuatan video tentang pelatihan, Ecobrik, Eco Enzym, dan ide program/kampanye sampah di masyarakat.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Asisten III Sekda Aceh Hadiri Gerakan Menanam Pohon di Saree

Uncategorized

H.Julkifli, M.Pd Selaku Kadisdikbud Membuka Perhelatan Panggung Seni dan Budaya

Uncategorized

RAS MEULABOH KALAHKAN UTD 4-0

Uncategorized

HIMAKO Universitas Malikussaleh Gelar Pekan Ilmiah Kreativitas Mahasiswa (PIKM) Jilid 7 dengan Meriahkan 90’s Games dan Penampilan Menarik

Uncategorized

Penyaluran Dana Desa Tahun 2023 Tuntas

Uncategorized

Pererat Sinergitas, Pj Bupati Aceh Tenggara Silaturahmi Ke Kodim 0108/Agara

Uncategorized

Ini prediksi DPRA Dapil 8

Uncategorized

WJI bertraformasi ke WBI,Aceh Siap Berdayakan UMKM