Home / Daerah

Rabu, 15 Maret 2023 - 11:10 WIB

Ketua DWP Aceh Besar: Sie Teu-om Kuliner Warisan Indatu Perlu Dilestarikan

REDAKSI - Penulis Berita

 

Kota Jantho, NEWSCEOACEH.COM – Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Aceh Besar Sri Wahyuna SH MH mengatakan Sie Teu-om merupakan kuliner khas warisan indatu yang telah membumi ditengah-tengah masyarakat khususnya sebagai menu sahur dibulan suci Ramadhan, sehingga harus terus dilestarikan.
“Sie Teu-om itu menu sahur di bulan suci Ramadhan, sebagai tradisi yang harus terus dipromosikan agar tetap terjaga,” katanya di Dekranasda Aceh Besar, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Selasa (14/3/2023)

Sri Wahyuna mengatakan salah satu cara melestarikannya adalah dengan mengajarkan kepada generasi serta memberikan edukasi bahwa sie Teu-om merupakan masakan olahan daging tahan lama dengan bumbu rempah sederhana yang mudah didapat.
“Selain tahan lama, Sie Teu-om juga mudah dimasak dengan bumbu dan rempah yang mudah didapat,” ujarnya.
Sie Teu-om, katanya dibeberapa wilayah disebut juga dengan nama sie teulheue yang berkembang hampir disebagian besar wilayah Aceh Besar terutama di wilayah Kecamatan Ingin Jaya, Montasik, Sukamakmur.
“Konon sejarahnya, sie teu-om disebut sebagai menu andalan para pejuang Aceh dalam peperangan melawan penjajah Belanda,” imbuhnya.

Baca Juga :  Apel Gabungan, Dandim 0105/Abar Letkol Inf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A P., Menganalogikan TNI - Polri Adalah Cangkangnya Negara

Sementara itu, Ketua MAA Kabupaten Aceh Besar, Asnawi Zainun mengatakan upaya melestarikan dengan promosi, kemudian melaksanakan masak pada berbagai kegiatan merupakan bagian dari ikhtiar menjaga, mengawal dan melestarikan warisan budaya Aceh Besar.
“Pelestarian warisan budaya sie teu-om ini bukan sekedar untuk pemenuhan kebutuhan pangan tapi sie teu-om juga memiliki pesan filosofi yang agung tentang kemuliaan, ketangguhan dan kesiagaan dalam segala situasi,” pungkasnya. (**)

Baca Juga :  Senator Abdullah Puteh Bertemu MD KAHMI Kota Langsa

Ketua DWP Aceh Besar Sri Wahyuna bersama Pengurus MAA Aceh Besar Mardhiah Ali sedang melakukan demo masak Sie Teu-om di Dekranasda Aceh Besar, Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Selasa (14/3/2023). FOTO/ MC ACEH BESAR

Share :

Baca Juga

Daerah

Aneka Perlombaan Harhubnas 2023 di Aceh Berlangsung Meriah

Daerah

Gedung Baru Puskesmas Kuta Malaka Diresmikan, Pj Bupati Iswanto Minta Tingkatkan Pelayanan

Daerah

SMK-PP Negeri Kutacane mou dengan FKA

Daerah

Polres Aceh Barat Gelar Simulasi Pengamanan Aksi Unjuk Rasa

Daerah

UNHCR: Pengungsi Rohingya di Aceh Tanggung Jawab Bersama

Daerah

Bupati Aceh Jaya Motor Pembaharuan Kemajuan Gampong di Aceh, Bisa Jadi Model Untuk Nasional

Daerah

Daerah

MPU Agara sosialisasi tentang Judi Online di SMK PP Kutacane