Home / Daerah

Rabu, 15 Maret 2023 - 11:10 WIB

Ketua DWP Aceh Besar: Sie Teu-om Kuliner Warisan Indatu Perlu Dilestarikan

REDAKSI - Penulis Berita

 

Kota Jantho, NEWSCEOACEH.COM – Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Aceh Besar Sri Wahyuna SH MH mengatakan Sie Teu-om merupakan kuliner khas warisan indatu yang telah membumi ditengah-tengah masyarakat khususnya sebagai menu sahur dibulan suci Ramadhan, sehingga harus terus dilestarikan.
“Sie Teu-om itu menu sahur di bulan suci Ramadhan, sebagai tradisi yang harus terus dipromosikan agar tetap terjaga,” katanya di Dekranasda Aceh Besar, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Selasa (14/3/2023)

Sri Wahyuna mengatakan salah satu cara melestarikannya adalah dengan mengajarkan kepada generasi serta memberikan edukasi bahwa sie Teu-om merupakan masakan olahan daging tahan lama dengan bumbu rempah sederhana yang mudah didapat.
“Selain tahan lama, Sie Teu-om juga mudah dimasak dengan bumbu dan rempah yang mudah didapat,” ujarnya.
Sie Teu-om, katanya dibeberapa wilayah disebut juga dengan nama sie teulheue yang berkembang hampir disebagian besar wilayah Aceh Besar terutama di wilayah Kecamatan Ingin Jaya, Montasik, Sukamakmur.
“Konon sejarahnya, sie teu-om disebut sebagai menu andalan para pejuang Aceh dalam peperangan melawan penjajah Belanda,” imbuhnya.

Baca Juga :  Kepala Sekolah SMK-PP Negeri Kutacane Raih Juara 2 Kepsek Berprestasi Aceh

Sementara itu, Ketua MAA Kabupaten Aceh Besar, Asnawi Zainun mengatakan upaya melestarikan dengan promosi, kemudian melaksanakan masak pada berbagai kegiatan merupakan bagian dari ikhtiar menjaga, mengawal dan melestarikan warisan budaya Aceh Besar.
“Pelestarian warisan budaya sie teu-om ini bukan sekedar untuk pemenuhan kebutuhan pangan tapi sie teu-om juga memiliki pesan filosofi yang agung tentang kemuliaan, ketangguhan dan kesiagaan dalam segala situasi,” pungkasnya. (**)

Baca Juga :  Pj Bupati Agara Kunjungi Panti Asuhan di Biakmuli

Ketua DWP Aceh Besar Sri Wahyuna bersama Pengurus MAA Aceh Besar Mardhiah Ali sedang melakukan demo masak Sie Teu-om di Dekranasda Aceh Besar, Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Selasa (14/3/2023). FOTO/ MC ACEH BESAR

Share :

Baca Juga

Daerah

Gatur Lalin Polres Aceh Tenggara, Bantu Seberangi Anak Sekolah

Daerah

Ini Cara Daftar untuk Ikuti Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Negara

Daerah

Disbudpar Aceh Melalui UPTD Taman seni dan budaya Aceh akan menggelar pagelaran Seni dan Budaya

Daerah

Minta Pj. Gubernur Aceh Achmad Marzuki Diganti, Puluhan Massa Geruduk Kemendagri RI

Daerah

DISHUB Ikut Memeriahkan Maulid Raya Pemerintah Aceh

Daerah

Bang BMW peduli Stunting

Daerah

SPBE Summit 2023-Percepatan Digitalisasi Pemerintahan.

Daerah

388 Jemaah Umrah Aceh Berangkat Ke Tanah Suci via Bandara SIM