Home / Uncategorized

Rabu, 22 Februari 2023 - 15:32 WIB

Dana BOS kepsek Harus Transparan

REDAKSI - Penulis Berita

KUTACANE, NEWSCEOACEH.COM – Sosialisasi tertib pengelolaan dana bos tahun 2023 bagi kepala sekolah SMA, SMK, SLB dilingkungan dinas pendidikan Aceh.kerjasama dinas pendidikan aceh, inspektorat aceh, Kejati aceh dan polda aceh diaula cabdin wilayah kabupaten Aceh tenggara,22/2/2023.

Drs.Djuprie RM kacadin agara dalam sambutannya menyampaikan dapat memberikan wawasan,tertib dana bos,dikuti 40 sma,SMK,SLB dari Aceh tenggara dan gayo Lues.

Teuku Fahrial s.sos,MM kepala telkomdik aceh saat membuka sosialisasi menyampaikan sosialisasi ini pertama sejak Disdik berdiri, hanya membaca juklak.berharap dana bos bisa menyukseskan pendidikan dan mutu pendidikan.dana bos tergantung jumlah siswa.sosialisasi digelar untuk mekanisme pengelolaan dana bos, jangan sampai terbentur dengan hukum.dana bos digunakan sebaik baiknya.

Baca Juga :  Asisten III Sekda Aceh Hadiri Gerakan Menanam Pohon di Saree

Diskrimsus Polres Aceh tenggara menyampaikan peran dan kewenangan polri dalam mengawasi pelaksanaan dan pengunaan dana bos.meminta keoaka sekolah transparan,meminimalisir penyalahgunaan dana bos.

Area rawan korupsi yaitu dana subsidi pendidikan dana BOS, pengadaan barang dan jasa,aset negara dan lainnya.srategi polri dengan pengelolaan dumas,responsif, kerjasama dalam dan luar.pengeloaan dana bos dengan fleksibel, transparan, efektif,akuntabel dan transparan.

Inspektorat aceh memaparkan pembinaan dan pengawasan pengelolaan dana bos,masih ditemukan dalam pengelolaan dana bos,dan inspektorat dengan kepolisian berkolaborasi masalah dana bos dengan program sosialisasi, memperbaiki setiap temuan.dan meminta dana bos dikelola dengan baik.Aturan aturan penggunaan dana bos di pelajari dan dikelola dengan baik.

Baca Juga :  Dishub Aceh Bahas Kesiapan Transportasi Jelang Nataru 2023

Kepala sekolah tidak dibenarkan memegang dana bos,kepala sekolah tidak dikelola oleh kepala sekolah.dan juga ada ditemukan bukti pertanggung jawaban belanja dana bos tidak benar terjadi pada beberapa sekolah,dana bos tidak sesuai dengan juknis, pengadaan buku sekolah tidak sesuai dengan kurikulum, pengunaan dana bos untuk iyaran mkks.pengadaan varang bos tidak tercatat dalam inventaris bos

Penggunaan dana bos tidak berdasarkan pada kesempatan dan kepuasan bersama antara tim pengelola dana bos,gurudan komite sekolah.pemvataran masih tidak mengunaan sustem tranfer(CMS)

Kajati aceh meminta harus komitmen dengan kepsek kasus bos harus zero.kenali hukum jauhj hukuman.gunakan dana bos sesuai ketentuan yang berlaku dan sesuai undang-undang.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Lapas Kutacane Gelar Apel Kesiapsiagaan Nataru

Uncategorized

SMK PP Kutacane Kembangkan PWMP

Uncategorized

Pemerintah akan Dorong Peternakan Model Closed Loop

Daerah

Ayu Marzuki: Stunting di Aceh Turun Dua Persen

Uncategorized

BPKA Terima Kartu Kredit Pemerintah Daerah dari Bank Aceh

Uncategorized

Resmi Menjadi Es Krim Ofisial Tim Indonesia, Aice Dukung Atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Uncategorized

Kominfo Beri Motivasi Mahasiswa USK untuk Terjun ke Ekonomi Digital

Uncategorized

Selain Gratiskan Air PDAM, Pj Bupati Muhammad Iswanto Koordinasi dengan PLN, Upayakan Listrik Masjid di Aceh Besar Gratis