Home / Bisnis

Rabu, 21 Agustus 2024 - 16:40 WIB

Sakit Pinggang Sebelah Kanan pada Wanita, Waspadai Penyebabnya!

REDAKSI - Penulis Berita

Beberapa wanita mengalami sakit pinggang sebelah kanan. Umumnya, penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita adalah nyeri otot. Selain itu, apa saja penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita? Baca selengkapnya!

Gejala sakit pinggang sebelah kanan pada wanita

Tanda-tanda sakit pinggang sebelah kanan pada wanita yang biasa dirasakan seperti pegal-pegal. Namun, sakit pinggang yang dialami mungkin saja bersamaan dengan gejala berikut:

1. Nyeri di tengah punggung atau sisi lain

2. Rasa sakit yang menyulitkan tubuh untuk bergerak

3. Pinggang kanan atas terasa sakit saat bernapas dalam-dalam

4. Rasa sakit meningkat ketika menggerakkan bahu, lengan, atau punggung

5. Nyeri ketika batuk atau bersin

6. Mengalami kesemutan atau mati rasa

7. Sakit leher atau otot terasa kaku

8. Rasa sakit ketika berdiri atau berjalan

9. Kekakuan atau kelemahan pada otot

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita

Ada berbagai faktor yang meningkatkan risiko Anda mengalami sakit pinggang sebelah kanan terutama pada wanita. Faktor tersebut memengaruhi otot, tulang, saraf, serta organ yang kemudian mengakibatkan munculnya rasa sakit di sisi kanan bawah punggung wanita. 

Berikut beragam faktor yang bisa menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan:

1. Cedera atau regangan

Regangan otot adalah kondisi bergesernya otot atau tendon sehingga menyebabkan otot terpuntir atau terkilir. Penyebabnya adalah kelelahan atau gerakan berulang seperti membungkuk di depan layar komputer, ataupun mengangkat beban berat secara tiba-tiba.

Selain itu, sakit pinggang sebelah kanan pada wanita juga terjadi karena kecelakaan mendadak, jatuh, serta benturan yang menyebabkan cedera otot ringan hingga parah.

Jika mengalami kekakuan otot, peregangan atau robekan pada ligamen, ataupun kontraksi tiba-tiba pada otot seperti saat berolahraga.

2. Kram saat menstruasi

Sebelum dan saat haid, wanita sering kali mengalami nyeri pada bagian perut, terutama pada bagian bawah kemudian menjalar ke punggung bawah. Ketika produksi hormon prostaglandin meningkat saat haid, perut akan semakin terasa nyeri bahkan hingga ke punggung bawah atau pinggang.

3. Osteoporosis

Penyakit tulang ini meningkatkan risiko terjadinya patah tulang. Umumnya, penderita osteoporosis baru menyadari penyakit ini ketika mereka mendapat fraktur kompresi di tulang belakang.

Tanda sederhana dari osteoporosis adalah kuku yang rapuh, penyusutan tulang yang mengakibatkan tinggi badan berkurang, gusi surut atau merosot hingga akar gigi terlihat, menurunnya kekuatan genggaman tangan, hingga sakit pinggang.

Baca Juga :  VRITIMES Menggandeng KejarFakta.com dan IDNPost.id dalam Aliansi Media untuk Memperkuat Penyajian Berita Berbasis Fakta

4. Sindrom nyeri myofascial

Sindrom nyeri myofascial adalah sakit pinggang sebelah kanan pada wanita yang menyebabkan nyeri kronis pada jaringan ikat (fasia) yang menutupi otot dan cakram intervertebralis tulang belakang.

Sering disebabkan oleh aktivitas gerakan berulang, nyeri myofascial menyebabkan rasa sakit di dalam otot dan area lain pada tubuh. Gejala umum sindrom nyeri myofascial adalah rasa sakit yang tidak kunjung membaik.

5. Stres

Ternyata stres, gugup, atau cemas dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan pada wanita. Ketika stress, tubuh secara alami bersiap merespons dan menyiapkan diri untuk menghadapi perubahan besar. Kondisi ini menyebabkan otot menjadi kaku dan tegang.

7. Endometriosis

Endometriosis adalah suatu kondisi dimana jaringan yang menyerupai lapisan dinding rahim, atau endometrium tumbuh pada bagian tubuh lainnya seperti ovarium, tuba falopi, vagina dan leher rahim. Penyakit ini dapat menyebabkan nyeri kronis pada pinggang sebelah kanan bawah atau panggul

8. Kehamilan

Kehamilan juga dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan pada wanita. Wanita hamil merasakan nyeri punggung bawah atau di kedua sisi tulang belakang yang dapat dikurangi dengan melakukan peregangan, mandi air hangat, memijat, serta memakai alas kaki yang nyaman.

Faktor risiko lainnya

Image

Meskipun sakit pinggang dapat terjadi pada siapa saja, ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan wanita lebih sering mengalami sakit punggung sebelah kanan. Berikut beberapa faktor risiko sakit pinggang sebelah kanan pada wanita:

1. Berat badan berlebih atau obesitas yang memberikan lebih banyak tekanan pada punggung

2. Otot yang lemah di punggung dan perut karena jarang berolahraga

3. Pertambahan usia

4. Postur tubuh yang buruk ketika mengangkat beban berat atau karena gerakan berulang seperti duduk terlalu lama

5. Memiliki kebiasaan merokok yang mampu mengurangi aliran darah ke tulang belakang

Selain beberapa faktor di atas, masalah mental seperti stres atau depresi dapat memengaruhi kondisi tubuh termasuk memicu pinggang sebelah kanan terasa nyeri.

Kapan harus ke dokter saat sakit pinggang?

Tidak perlu segera mengunjungi dokter karena umumnya nyeri punggung akan sembuh sendirinya. Namun, jika mengalami salah satu dari berikut ini, segeralah ke dokter:

1. Rasa sakit tidak menghilang dalam beberapa hari dan tidak mengalami perbaikan setelah mendapat obat rawat jalan

2. Rasa sakit yang mengganggu aktivitas sehari-hari

Baca Juga :  Comprehensive Guide and Capacity Building Program Announced to Combat Marine Plastic Pollution in ASEAN Cities

3. Mengalami gangguan menahan urin

4. Urin keruh, berdarah, dan beraroma tidak sedap

5. Demam

6. Mual

7. Muntah

8. Buang air besar berdarah atau mempunyai nanah

Pemeriksaan lain yang mungkin akan dokter anjurkan seperti sinar X, CT scan, myelogram, tes konduksi saraf, pemindaian tulang, ultrasonografi (USG), tes darah, hingga magnetic resonance imaging (MRI).

Penanganan sakit pinggang sebelah kanan pada wanita

Biasanya, rasa sakit pada pinggang sebelah kanan dapat diatasi dengan melakukan penanganan sederhana di rumah atau bahkan hanya dengan melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Berikut adalah beberapa penanganan sakit pinggang sebelah kanan pada wanita:

1. Mengompres rasa sakit dengan es atau air hangat selama 20-30 menit setiap 2-3 jam

2. Mengonsumsi obat pereda nyeri sesuai saran dokter

3. Minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari untuk menghidrasi tubuh

4. Membatasi asupan protein hewani dan garam untuk mengurangi risiko batu ginjal

5. Membersihkan daerah intim dari depan ke belakang untuk mencegah infeksi saluran kemih

6. Memperhatikan postur tubuh saat mengangkat beban berat seperti jongkok

7. Melakukan peregangan otot-otot yang tegang selama beberapa menit setiap hari

Pencegahan sakit pinggang sebelah kanan pada wanita

Tentu saja lebih baik jika mencegah penyakit-penyakit dalam tubuh. Berikut beberapa cara untuk mencegah sakit pinggang sebelah kanan pada wanita:

1. Olahraga

Olahraga ringan dan latihan seperti peregangan dapat membantu meredakan nyeri dan kekakuan otot. Jika Anda jarang olahraga, tonus otot akan memburuk dan melemah.

2. Memijat

Melakukan pijatan di sekitar leher bagian bawah dan tulang belikat yang berbentuk segitiga dan terletak di bagian belakang bahu atau punggung bagian atas untuk membantu mengurangi myofascial.

3. Menjaga berat badan

Dengan menjaga berat badan, maka mengurangi risiko tekanan yang lebih banyak pada punggung.

4. Istirahat

Beristirahat di tempat tidur selama beberapa jam untuk mengurangi rasa sakit. Lakukanlah selama 1-2 hari.

5. Membatasi asupan rokok

Rokok dapat mengurangi aliran darah ke seluruh tulang belakang. Rokok juga dapat memperlambat waktu penyembuhan yang sudah mengalami sakit pinggang karena cedera.

Selain kelima cara di atas, cegah sakit pinggang sebelah kanan dengan membatasi aktivitas seperti mengangkat beban berat, melakukan gerakan secara perlahan, dan memperbaiki postur tubuh ketika duduk.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Share :

Baca Juga

Bisnis

Kementerian PPN/ Bappenas Ajak Masyarakat Pilih Desain Maskot Indonesia untuk World Expo 2025 Osaka

Bisnis

Atasi Deforestasi: Solusi Teknologi untuk Kepatuhan Perusahaan Terhadap Peraturan Bebas-Deforestasi Uni Eropa (EUDR) dari KOLTIVA

Bisnis

LIF Umumkan Pemenang Intercorp 2024: The Gaia Hotel Bandung Meraih Gelar Juara

Bisnis

Halo Robotics Memperkenalkan Drone Utility Inspection untuk Inspeksi Aset Migas

Bisnis

VRITIMES dan NasionalNews.id Jalin Kerjasama Media Strategis

Bisnis

VRITIMES Menggandeng RubrikPos.com untuk Memperkuat Penyajian Berita Lokal dan Nasional

Bisnis

Barantum CRM Canvassing: Aplikasi Untuk Pantau Kunjungan Sales Lapangan

Bisnis

Training Presentasi Bersama Pembicara Terkemuka Priska Sahanaya, Agatis, Dan Ohana Mie di SD Tarakanita 2