Home / Uncategorized

Kamis, 11 Juli 2024 - 08:48 WIB

Kadisdik Hadiri Pengukuhan Mellani Subarni Sebagai Bunda Literasi Aceh

REDAKSI - Penulis Berita

BANDA ACEH, NEWSCEOACEH.COM – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Aceh, Azwardi, atas nama Penjabat Gubernur Aceh, resmi mengukuhkan Mellani Subarni sebagai Bunda Literasi Aceh Tahun 2024 pada Rabu, 10 Juli 2024. Acara pengukuhan ini berlangsung di Gedung Perpustakaan Wilayah di Banda Aceh dan turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Marthunis, S.T., D.E.A.

Dalam sambutan tertulis Penjabat Gubernur Aceh yang dibacakan oleh Azwardi, ditekankan pentingnya literasi sebagai kunci utama untuk membangun bangsa yang cerdas dan berkarakter. Mellani Subarni dalam sambutannya menegaskan bahwa literasi membuka pintu kemajuan, memberdayakan individu untuk kehidupan yang lebih baik, serta mempercepat pertumbuhan ekonomi dan memperkaya budaya.

Baca Juga :  Pj Bupati Aceh Besar Minta OPD Segera Proses SK Tenaga Kontrak dan PPP

Marthunis, S.T., D.E.A., Kepala Dinas Pendidikan Aceh, menyampaikan dukungannya terhadap program literasi yang diinisiasi oleh Bunda Literasi. Menurutnya, sinergi antara berbagai stakeholder pendidikan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh sangat penting untuk meningkatkan budaya literasi di seluruh Aceh.

Namun, tingkat literasi masyarakat Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara-negara maju. Berdasarkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) tahun 2023 yang dirilis oleh Perpustakaan Nasional RI, skor IPLM Indonesia adalah 69,42 dari skala 0-100, menempatkan Indonesia di urutan ke-62 dari 70 negara. Aceh sendiri mencatat skor 66,23, belum masuk dalam 10 besar provinsi dengan nilai IPLM tertinggi.

Baca Juga :  KGBN Bagikan Paket Jum'at Berkah ke Seratus di Jakarta Kota

Azwardi mengajak semua pihak untuk mendukung Bunda Literasi Aceh dalam upaya meningkatkan budaya literasi di daerah. Program Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (GERNASBAKU) juga diharapkan dapat menumbuhkan minat baca pada anak sejak usia dini.

“Diharapkan, dengan pengukuhan ini, Mellani Subarni dapat membawa perubahan signifikan dalam upaya peningkatan literasi di Aceh,” ujar Marthunis. Dukungan dari berbagai pihak menjadi kunci keberhasilan program-program literasi yang akan dijalankan.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

IJW Investigasi bantu Polisi Usut Pembakaran Rumah Dan Wartawan

Uncategorized

SMK PP Negeri Kutacane Berbenah

Uncategorized

KETUM FORHUMAS BUMN HENDY BENARDI KLARIFIKASI DANA CASHBACK PWI GATE KE IJW. TANDA TERIMA DICATUT OKNUM PENGURUS PWI PUSAT*

Uncategorized

MASUKI USIA 22 TAHUN, KAB. GAYO LUES KUKUHKAN SEMANGAT PEMBANGUNAN DAERAH

Uncategorized

Transformasi Pendidikan: SMK-PP Negeri Kutacane Integrasikan Kurikulum Merdeka dengan Sistem Blok

Uncategorized

BPOM Aceh Tingkatkan Kolaborasi Bersama Pemda Cegah Stunting hingga Pelosok Negeri

Uncategorized

Dana BOS SMK PP Kutacane Terkelola dengan Transparan dan Sesuai Prosedur

Uncategorized

HIMAKO Universitas Malikussaleh Gelar Pekan Ilmiah Kreativitas Mahasiswa (PIKM) Jilid 7 dengan Meriahkan 90’s Games dan Penampilan Menarik