Home / Daerah

Kamis, 26 Oktober 2023 - 08:44 WIB

DP3A Aceh Luncurkan Buku Statistik Gender Tahun 2023

REDAKSI - Penulis Berita

Banda Aceh, NEWSCEOACEH.COM – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Aceh menyelengarakan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyelenggaraan sistem data gender dan anak, yang menjadi kewenangan pemerintah daerah provinsi.

Wewenangnya terdiri atas pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data gender dan anak dalam kelembagaan data di tingkat daerah provinsi.

Plt Kepala DP3A Aceh, Meutia Juliana SSTP MSi menyatakan kegiatan tersebut berkolaborasi dengan BPS Provinsi Aceh dan Bappeda Aceh.

Ia mengatakan penyelenggaraan satu data gender dan anak ini mempunyai tujuan untuk mewujudkan tata kelola data gender dan data anak yang diselaraskan dengan penyelenggaraan satu data Indonesia, meningkatkan ketersediaan data gender dan data anak dan mendorong keterbukaan, transparansi dan kualitas data gender dan data anak dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah yang responsif gender dan peduli anak.

Baca Juga :  Air Tebu Minuman Favorit Bulan Ramadhan

Pada tahun 2023 selain buku statistik gender dan anak secara reguler, disusun juga buku statistik gender tematik yang merupakan gambaran statistik tentang kondisi perempuan dan laki-laki di suatu bidang dan tahun 2023 ini difokus pada Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial.

“Mari kita manfaatkan sebagai sarana kita untuk menelaah terkait permasalahan yang ada dalam pembangunan di Aceh, dengan menyediakan dan menyajikan data dan analisis gender dan anak,” katanya, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga :  Tumbuhkan Senyum Pintar: Mahasiswa Unimal Mengajar di SD Negeri Lhokseumawe bersama HIMAKO X 100 Senyum

Khususnya pada Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Sosial, setelah tahun ini penyusunan buku statistik gender tematiknya, harapan bersama agar dapat diteruskan untuk setiap tahunnya, dengan mengupdate data dan informasi ataupun menambah data indikator gendernya.

“Harapan kami yang besar juga khususnya pada lembaga sosial masyarakat, kiranya dapat mendukung dalam peningkatan tata kelola data dan informasi PPPA melalui SIGA Aceh,” katanya.

Sumber: https://humas.acehprov.go.id

Share :

Baca Juga

Daerah

Kuatkan Karakter Mahasiswa Baru Ilmu Komunikasi Unimal: HIMAKO UNIMAL Gelar PEUSAKA JILID VII

Daerah

Sekda Aceh Barat Buka Pelatihan Kader Pembauran Kebangsaan

Daerah

Pj Bupati Aceh Besar Turunkan Tim, Tangani Gangguan Anjing Ajag

Daerah

Pengelolaan Keuangan Tidak Transparansi, KPK Dan BPK RI Pusat Diminta Turun Ke Aceh Tenggara

Daerah

Operasi Penyisiran Terkait Sinyal Harimau: Langkah Tegas Personel Rindam IM

Daerah

SMK PP Kutacane galang dana untuk korban banjir

Daerah

Kadis Sosial Aceh Besar Audiensi ke Dinas Sosial Pemerintah Aceh

Daerah

Meugang Kedua, Pemkab Aceh Besar Kembali Pantau Harga Daging di Pasar Lambaro