Home / Daerah

Kamis, 26 Oktober 2023 - 08:44 WIB

DP3A Aceh Luncurkan Buku Statistik Gender Tahun 2023

REDAKSI - Penulis Berita

Banda Aceh, NEWSCEOACEH.COM – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Aceh menyelengarakan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyelenggaraan sistem data gender dan anak, yang menjadi kewenangan pemerintah daerah provinsi.

Wewenangnya terdiri atas pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data gender dan anak dalam kelembagaan data di tingkat daerah provinsi.

Plt Kepala DP3A Aceh, Meutia Juliana SSTP MSi menyatakan kegiatan tersebut berkolaborasi dengan BPS Provinsi Aceh dan Bappeda Aceh.

Ia mengatakan penyelenggaraan satu data gender dan anak ini mempunyai tujuan untuk mewujudkan tata kelola data gender dan data anak yang diselaraskan dengan penyelenggaraan satu data Indonesia, meningkatkan ketersediaan data gender dan data anak dan mendorong keterbukaan, transparansi dan kualitas data gender dan data anak dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah yang responsif gender dan peduli anak.

Baca Juga :  PJ Bupati Aceh Tenggara Lepas Dan Tepung Tawar 108 Calon Jemaah Haji Kloter 5.

Pada tahun 2023 selain buku statistik gender dan anak secara reguler, disusun juga buku statistik gender tematik yang merupakan gambaran statistik tentang kondisi perempuan dan laki-laki di suatu bidang dan tahun 2023 ini difokus pada Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial.

“Mari kita manfaatkan sebagai sarana kita untuk menelaah terkait permasalahan yang ada dalam pembangunan di Aceh, dengan menyediakan dan menyajikan data dan analisis gender dan anak,” katanya, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga :  FireFly Luncurkan Kembali Penerbangan Langsung Banda Aceh - Penang

Khususnya pada Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Sosial, setelah tahun ini penyusunan buku statistik gender tematiknya, harapan bersama agar dapat diteruskan untuk setiap tahunnya, dengan mengupdate data dan informasi ataupun menambah data indikator gendernya.

“Harapan kami yang besar juga khususnya pada lembaga sosial masyarakat, kiranya dapat mendukung dalam peningkatan tata kelola data dan informasi PPPA melalui SIGA Aceh,” katanya.

Sumber: https://humas.acehprov.go.id

Share :

Baca Juga

Daerah

Pj Walikota Syaridin Silaturrahmi dengan Pjmpinan Dayah

Daerah

Hamdani Basyah Dinilai Layak Pimpin KONI Aceh

Daerah

Pekan Ilmiah Kreativitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh Jilid VII Resmi Diselenggarakan

Daerah

Presiden LIRA Minta Kejati Aceh Dalami Soal Bantuan Sapi Dari Kementan 1.000 Ekor Di Aceh

Daerah

UNHCR: Pengungsi Rohingya di Aceh Tanggung Jawab Bersama

Daerah

DPRA Harapkan Bank di Aceh Perbaiki Pelayanan

Daerah

Pesawat Boeing 737-300 milik Trigana Air sukses mendarat di Bandar Udara Rembele

Bisnis

Kapolda Aceh Salurkan Bansos untuk Korban Banjir di Aceh Utara