Home / Bisnis

Kamis, 8 Agustus 2024 - 09:56 WIB

Arummi Foods Raih Juara 1 di Food Startup Indonesia 2024 yang Diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

REDAKSI - Penulis Berita

Arummi Foods meraih Juara 1 dalam acara bergengsi Food Startup Indonesia (FSI) 2024. Saat ini, Arummi Food memiliki produk Arummi Cashew Milk yang merupakan susu kacang mede lokal pertama di Indonesia. Acara FSI 2024 diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) di Indonesia pada tanggal 30-31 Juli 2024. FSI bertujuan mempertemukan pelaku UKM makanan dan minuman dengan akses pendanaan dan pasar untuk mempercepat pertumbuhan industri makanan dan minuman di Indonesia. Arummi Foods berhasil meraih Juara 1 melalui presentasi dalam kegiatan pitching di depan para mentor dan calon investor. Mereka juga mendapatkan pendanaan sebesar USD 16.500.000, kesempatan kolaborasi dengan VIMO, dan pendampingan dari Badan POM.

Arummi Foods menunjukan keberhasilan inovasinya dihadapan para mentor dalam acara bergengsi, Food Startup Indonesia (FSI) 2024 dengan menjadi Juara 1.  FSI adalah ajang yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) yang bertujuan untuk mempertemukan pelaku UKM makanan dan minuman dengan akses pendanaan dan pasar, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan industri makanan dan minuman di Indonesia. Acara ini dikelola oleh Ultra, sebuah perusahaan yang berdedikasi untuk mengembangkan ekosistem Startup di Indonesia.

Pada FSI 2024, tersedia pendanaan sebesar USD 16.500.000 bagi peserta yang memenuhi mandat dan kriteria dari para investor. Kesempatan ini memberikan peluang emas bagi Arummi Foods untuk mendapatkan dukungan finansial yang akan digunakan untuk berinovasi dengan produk, meningkatkan produksi, dan memperluas jangkauan pasar hingga skala global.

Baca Juga :  Coach Priska Sahanaya Serukan Semangat Belajar Public Speaking di SMP Makarios Bersama PRONAS dan SINOTIF

Selain itu, peserta FSI juga mendapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari VIMO, sebuah convenience store yang berfokus pada produk UKM makanan dan minuman Indonesia yang terkurasi. Produk-produk yang terpilih akan dipasarkan di seluruh Indonesia, memberikan eksposur yang lebih luas dan meningkatkan aksesibilitas bagi konsumen.

Tidak hanya itu, melalui FSI para peserta juga mendapatkan fasilitas pendampingan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM). Beberapa diantaranya yaitu Pemenuhan Mutu Produk, Kelayakan Ekspor, dan Akses Pasar Menuju Ekspor.

Arummi Foods dikenal sebagai pelopor plant-based milk yang terbuat dari kacang mede lokal pertama di Indonesia. Produk mereka, Arummi Cashew Milk, telah mendapatkan sambutan positif di pasar karena menawarkan alternatif susu yang sehat bagi orang yang mengalami intoleransi laktosa, alergi susu hewani, maupun mereka yang mencari alternatif produk yang sehat. 

Nacitta Kanyandara, CEO dan Co-Founder Arummi Foods menyatakan, “Arummi Cashew Milk adalah produk susu kacang mede lokal pertama di Indonesia yang aman dikonsumsi anak-anak, orang dewasa karena rendah kalori, rendah gula, dan tidak mengandung kolesterol.”

Saat ini, Arummi Foods telah menjalin berbagai kolaborasi dengan mitra horeca (hotel, restaurant, dan cafe) seperti Titik Temu Coffee, Anomali Coffee, Two Thrds, BGS Bali, dan Baker’s Corner. Diikuti dengan beberapa kolaborasi mendatang diantaranya yaitu, Bloomery Cake & Patisserie, Feel Matcha, Shell Deli2go, Kopi Nako, dan NOB.  Kolaborasi tersebut menghasilkan beragam menu unik dan inovatif yang dapat dinikmati oleh semua kalangan dengan preferensi rasa yang berbeda-beda.

Baca Juga :  Dulu Jadi Primadona, Apa Kabar Mining Ethereum Setelah Beralih ke Proof-of-Stake?

Mikael Jasin, World Barista Champion (WBC) 2024 pertama dari Indonesia telah menggunakan Arummi Cashew Milk dalam penampilan di kejuaraan, membuktikan fleksibilitas dan kualitas tinggi dari produk Arummi Foods dalam berbagai jenis minuman.

Dengan pencapaian sebagai Juara 1 di FSI 2024, Arummi Foods berada di jalur yang tepat untuk terus berkembang dan berinovasi dalam industri makanan dan minuman. Dukungan pendanaan dan fasilitas dari FSI, serta peluang kolaborasi dengan VIMO dan Badan POM akan memberikan dorongan signifikan bagi Arummi Foods untuk mewujudkan visi mereka.

Final Pitch - Raja Aulia Rezza Abdalla (kiri), Nacitta Kanyandara (kanan)

Nacitta Kanyandara menambahkan, “Kami sangat bangga dan bersyukur bisa terpilih menjadi Juara 1 di acara Food Start Up Indonesia 2024 setelah sebelumnya melakukan presentasi dalam kegiatan pitching di depan para mentor dan calon investor. Pencapaian ini memberikan semangat baru bagi kami untuk terus berinovasi dan mengembangkan Arummi Foods, serta memperkenalkan produk-produk kami ke pasar yang lebih luas. Harapannya dengan dukungan dari FSI dan para mitra, kami dapat mencapai kesuksesan yang lebih besar dan memberikan kontribusi positif bagi industri makanan dan minuman Indonesia.” 

Arummi Foods berkomitmen untuk terus mendukung bahan baku lokal dan komunitas lokal, serta menyediakan produk-produk berkualitas tinggi yang ramah lingkungan. Dengan semangat inovasi dan keberlanjutan, Arummi siap untuk menjadi pemimpin di industri susu nabati dan memperluas jangkauan mereka ke pasar internasional.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Share :

Baca Juga

Bisnis

SATRIA, Solusi dari Safelog.ai dalam Berkolaborasi dengan Masyarakat untuk Melawan Penipuan Online

Bisnis

VRITIMES Umumkan Kerjasama Strategis dengan JakartaUpdate.biz.id, JatimInvestigasi.biz.id, DetikDKI.biz.id, dan RekamKabar.biz.id

Bisnis

VRITIMES Umumkan Kerjasama Strategis dengan SadakataNews.com, AtjehNews.online, Time-Indonesia.com, dan JakartaPost86.biz.id

Bisnis

Berita Solana Hari Ini, dari Grafik hingga Prediksi Harganya

Bisnis

Kombinasi AI dan Digital Marketing untuk Hadapi Perubahan Perilaku Konsumen

Bisnis

Faucet Bitcoin: Cara Gampang dan Cepat Dapatkan Bitcoin Gratis

Bisnis

Pembicara ternama Indonesia Priska Sahanaya Bersama AGATIS Berikan Tips Public Speaking di SD Kemurnian III

Bisnis

SD DAMAI Memperkaya Ilmu Public Speaking dengan Teknik Presentasi bersama Pembicara Hebat Priska Sahanaya dan AGATIS