Home / Daerah

Kamis, 26 Oktober 2023 - 08:44 WIB

DP3A Aceh Luncurkan Buku Statistik Gender Tahun 2023

REDAKSI - Penulis Berita

Banda Aceh, NEWSCEOACEH.COM – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Aceh menyelengarakan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyelenggaraan sistem data gender dan anak, yang menjadi kewenangan pemerintah daerah provinsi.

Wewenangnya terdiri atas pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data gender dan anak dalam kelembagaan data di tingkat daerah provinsi.

Plt Kepala DP3A Aceh, Meutia Juliana SSTP MSi menyatakan kegiatan tersebut berkolaborasi dengan BPS Provinsi Aceh dan Bappeda Aceh.

Ia mengatakan penyelenggaraan satu data gender dan anak ini mempunyai tujuan untuk mewujudkan tata kelola data gender dan data anak yang diselaraskan dengan penyelenggaraan satu data Indonesia, meningkatkan ketersediaan data gender dan data anak dan mendorong keterbukaan, transparansi dan kualitas data gender dan data anak dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah yang responsif gender dan peduli anak.

Baca Juga :  Pj Bupati Aceh Tenggara Disambut Defisit 71 Milyar

Pada tahun 2023 selain buku statistik gender dan anak secara reguler, disusun juga buku statistik gender tematik yang merupakan gambaran statistik tentang kondisi perempuan dan laki-laki di suatu bidang dan tahun 2023 ini difokus pada Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial.

“Mari kita manfaatkan sebagai sarana kita untuk menelaah terkait permasalahan yang ada dalam pembangunan di Aceh, dengan menyediakan dan menyajikan data dan analisis gender dan anak,” katanya, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga :  Pantau Kehadiran dan Kedisiplinan, Pj Bupati Aceh Barat Sidak Setdakab

Khususnya pada Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Sosial, setelah tahun ini penyusunan buku statistik gender tematiknya, harapan bersama agar dapat diteruskan untuk setiap tahunnya, dengan mengupdate data dan informasi ataupun menambah data indikator gendernya.

“Harapan kami yang besar juga khususnya pada lembaga sosial masyarakat, kiranya dapat mendukung dalam peningkatan tata kelola data dan informasi PPPA melalui SIGA Aceh,” katanya.

Sumber: https://humas.acehprov.go.id

Share :

Baca Juga

Daerah

Kepala Sekolah SMK-PP Negeri Kutacane Raih Juara 2 Kepsek Berprestasi Aceh

Daerah

Aneka Perlombaan Harhubnas 2023 di Aceh Berlangsung Meriah

Daerah

Pastikan Stok Bantuan Tersedia, Iswanto Tinjau Gudang Dinsos Aceh Besar

Daerah

Kapolres Agara Imbau Warga, Ajang Piala Dunia tidak Dijadikan Sebagai Taruhan Judi

Daerah

Masyarakat Aceh di Jakarta Mengadakan Festival Kuah Belangeung.

Daerah

Cipta Tenaga Kerja Terampil, Pj Bupati Buka Pelatihan Menjahit dan Digital Marketing

Daerah

Sekda Aceh Barat Buka Pelatihan Kader Pembauran Kebangsaan

Daerah

Calon Panwascam Se-Aceh Tenggara Ikuti tes tertulis (CAT)