Home / Bisnis

Senin, 19 Agustus 2024 - 14:25 WIB

10 Ciri Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah yang Terduga

REDAKSI - Penulis Berita

Ciri ciri orang hamil dari raut wajah apakah bisa terlihat jelas tanpa harus menggunakan alat tes kehamilan? Inilah fakta yang perlu diketahui!

Setelah hamil, memang ada banyak perubahan pada tubuh, terutama wajah. Ciri ciri orang hamil bisa dari raut wajah ternyata bisa terlihat jelas. Hal ini karena perubahan hormon saat hamil. 

Tanda yang muncul pada wajah saat hamil bisa perlu menjadi perhatian agar ibu hamil bisa mencegah efek buruk pada wajah. Lalu, apa saja ciri ciri orang hamil dari raut wajah? Yuk, simak 10 ciri ciri orang hamil dari raut wajah berikut ini!

Mitos dan fakta ciri ciri orang hamil dari raut wajah

Tahukah Anda kalau ternyata ciri ciri orang hamil dari raut wajah bukanlah mitos belaka? Ada beberapa penelitian yang menyatakan kalau kondisi wajah dapat berubah saat hamil. Hal tersebut karena perubahan hormon maupun akibat sirkulasi darah. 

Perubahan kondisi wajah ini wajar saat kehamilan. Namun, bisa teratasi dan ibu hamil cegah dengan merawat kulit dan menggunakan produk perawatan kulit dengan bahan-bahan yang aman untuk ibu hamil. Lalu, apa saja ciri ciri orang hamil dari raut wajah yang bisa terlihat jelas?

Ciri ciri orang hamil dari raut wajah yang tak terduga

Ketika tengah mengandung, perubahan fisik tak hanya pada perut yang membesar, tetapi juga terlihat dari kondisi wajah. Bagi beberapa ibu hamil, ada beberapa perubahan yang cukup signifikan. Berikut ciri ciri orang hamil dari raut wajah yang perlu diketahui:

1. Muncul flek hitam dan tampak kusam

Munculnya flek hitam dan wajah yang tampak kusam merupakan salah satu tanda ibu hamil. Kondisi wajah tersebut merupakan hal yang normal bagi ibu hamil. 

Tubuh ibu hamil akan memproduksi hormon yang lebih banyak sehingga timbul bercak-bercak. Flek yang tampak gelap di wajah biasanya dapat muncul di dahi, pipi, hidung, dan bibir. 

Baca Juga :  SINAR MAS MENUJU DEKARBONISASI

2. Pembuluh darah pada wajah terlihat jelas

Pembuluh darah kecil akan terlihat karena banyaknya darah yang mengalir di tubuh. Pembuluh darah akan terlihat jelas saat tengah hamil karena peningkatan hormon estrogen. 

Selain pada wajah, pembuluh darah ini dapat terlihat pada leher, tenggorokan, dan lengan, kemudian akan memudar setelah melahirkan.

3. Kulit lebih sensitif

Hormon yang meningkat pada ibu hamil membuat kulit menjadi lebih sensitif dan akan terasa lebih tipis. Selain itu, jenis sabun tertentu yang ibu hamil gunakan juga menyebabkan iritasi dan memperburuk kondisi kulit. 

4. Kulit wajah cerah atau berkilau

Ibu hamil akan merasakan ciri ciri orang hamil dari raut wajah yang baikm seperti kulit terlihat cerah dan berkilau. Kondisi kulit wajah yang tampak cerah bisa karena produksi darah yang meningkat daripada sebelum hamil.

5. Wajah tampak membengkak

Ciri ciri orang hamil yang terlihat dari raut wajah selanjutnya adalah wajah yang tampak membengkak. Tangan dan kaki ibu hamil juga bisa membengkak karena faktor kenaikan berat badan.

Kondisi tubuh yang membengkak, terutama pada wajah, tangan, dan kaki akan menghilang setelah melahirkan. Namun, jika bengkak tersebut bersamaan dengan rasa nyeri tak tertahankan, segeralah konsultasi dengan dokter. 

6. Muncul jerawat

Image

Bagi beberapa ibu hamil, munculnya jerawat saat trimester pertama dan kedua bisa sangat mengganggu. Padahal, kondisi ini normal ibu hamil alami. 

Saat hamil, hormon androgen akan meningkat dan memproduksi lebih banyak minyak sehingga dapat memicu penumpukan sel kulit mati dan munculnya jerawat baru. 

7. Bulu mata atau alis rontok

Ciri ciri orang hamil dari raut wajah bisa terlihat dari bulu dan alis yang rontok. Penyebab rontoknya bulu mata dan alis bisa karena asupan makanan pada ibu hamil yang kurang protein dan vitamin serta kelenjar tiroid tidak berfungsi dengan baik.

8. Bercak warna coklat

Melasma adalah salah satu ciri ciri orang hamil dari raut wajah dan akan menghilang setelah melahirkan. Perlu diketahui, melasma adalah bercak-bercak berwarna kecokelat atau warna gelap yang muncul pada wajah. 

Baca Juga :  Meneruskan Mimpi Ekonomi Rizal Ramli, Dipo Satria Ramli Bergabung dengan Program Doktor Ekonomi Universitas Indonesia

9. Kulit wajah kering

Perubahan hormon hamil bisa menyebabkan kulit kering dan kehilangan kelembaban dan elastisitasnya sehingga tampak kering. Gunakan pelembap dengan kandungan tinggi air sehingga wajah bisa normal dan jauh dari kekeringan.

10. Hidung membengkak (pregnancy nose)

Pregnancy nose adalah kondisi hidung membengkak saat hamil. Membengkaknya hidung ini sempat menjadi topik yang viral di media sosial dan merupakan ciri ciri orang hamil dari raut wajah yang tak terduga. 

Perubahan kulit wajah pada masa kehamilan

Perubahan pada kulit wajah saat hamil terkadang mengganggu. Namun, hal ini tentu bisa ibu hamil nikmati karena bagian dari perjalanan kehamilan yang normal.

Untuk yang mengalami masalah wajah saat hamil, coba lakukan langkah berikut:

1. Bersihkan wajah dengan sabun berbahan lembut dua kali sehari secara rutin.

2. Keringkan wajah dengan handuk, tepuk perlahan dengan handuk berbahan halus.

3. Hindari menggosok menggunakan scrub untuk kulit wajah

4. Gunakan produk perawatan kulit wajah dan kosmetik dengan bahan aman bersifat non-comedogenic.

5. Hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor.

5. Konsumsi makanan sehat bergizi serta buah-buahan, sayur dan perbanyak minum air putih.

Lalu, haruskah ke dokter jika mengalami perubahan kondisi wajah saat hamil?

Perubahan kulit wajah saat hamil merupakan hal yang normal. Sangat jarang ketika perubahan kulit wajah berhubungan dengan kondisi kesehatan. 

Jika masih dalam tahap wajar, maka yang perlu ibu hamil lakukan adalah tetap merawat kulit dan membersihkannya dengan rutin. 

Namun, jika ciri ciri orang hamil dari raut wajah bersamaan dengan iritasi, gatal, ruam, atau kondisi wajah yang memburuk lebih dari beberapa hari, segeralah ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Share :

Baca Juga

Bisnis

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Bisnis

Tarrasmart, Perusahaan AI Indonesia, Raih Dua Penghargaan Bergengsi di South East Asia Business Awards 2024

Bisnis

Beasiswa BINUS University hingga 100% , Menjadi Solusi untuk Raih Karier Lebih Awal

Bisnis

CEO ADVAN Launching Produk 360 Stylus Pro Saat Event Live 9.9, Membuat Produk Ini Paling Laris Dalam 3 Hari!

Bisnis

Konig & The Drummer Merilis Music Video Colorful: “Ku Dan Kau”

Bisnis

Eratani dan Universitas Hasanuddin Berkolaborasi untuk Keberlanjutan Pertanian di Sulawesi Selatan melalui Program Penyerapan Alumni, Magang, dan Riset Pertanian

Bisnis

Belajar dari Madura Mart: Rahasia Grosir Lokal Kalahkan Minimarket Raksasa

Bisnis

VRITIMES Umumkan Kerjasama Strategis dengan linipost.com dan cakrawalasatu.com